Mengintip Tren Aesthetic Bunga Matahari

Ladang bunga matahari
Ladang bunga matahari

Kelopak bunga berwarna kuning terang, kepala bunga yang besar, daun yang lebar, memiliki tangkai panjang, batang dan daun berbulu. Menjadi tanaman yang digemari oleh hamster, dan identik dengan cemilan berupa biji kuaci. ya, yang barusan tadi adalah ciri bunga matahari atau dikenal dengan nama Latin Helianthus Annuus L. Di Indonesia sendiri bunga matahari memiliki sebutan beragam diantaranya Paca Matahari, Bunga Teleng Matahari, Bunga Ledomata, Kembang Sarangenge, Sugeng dan Purbanegara.

Lantas, kenapa diberi nama bunga matahari? Faktanya, nama ini muncul akibat dari kebiasaan atau perilaku khas tanaman ini, yaitu selalu tumbuh ke arah matahari atau heliotropisme dan sebaliknya, bunga ini akan tertunduk ke bawah pada malam hari.

Tanaman cantik penyerap energi surya ini belakangan menjadi salahsatu bagian dari tren aesthetic dikalangan anak muda. Aesthetic sendiri berarti segala sesuatu hal yang berhubungan dengan keindahan alam dan atau seni. Pengertian keindahan disini bukan hanya penilaian secara fisik melainkan juga dari segi makna yang terkandung di dalam karya tersebut dan unsur-unsur yang membentuk keindahan tersebut.

Asal Mula Bunga Matahari

Pada mulanya, bunga matahari tumbuh di Amerika Serikat sekitar 1000 tahun sebelum masehi. Siapa sangka tumbuhan ini awalnya dibudidayakan sebagai sumber makanan. Namun berbarengan dengan para seniman impresionisme yang juga menggunakan bunga ini dalam karya seni mereka sebagai simbol agama. Menariknya, bunga matahari juga memiliki arti berbeda di setiap culture atau budaya. Misalnya saja Budaya Cina, yang menganggap bunga matahari sebagai simbol umur panjang. Sedangkan di Jepang bunga matahari disebut himawari. Himawari di Jepang melambangkan cahaya, kecantikan dan penghormatan.

Saat ini tanaman bunga matahari dapat dengan mudah di jumpai di banyak tempat budidaya. Bunga matahari umumnya dapat tumbuh di dataran tinggi maupun dataran rendah. Namun lebih cocok tumbuh di dataran tinggi yakni daerah pegunungan karena mempunyai kelembapan udara mencapai 80%-90%. Di Indonesia sendiri, terdapat kebun bunga matahari yang sudah cukup dikenal para pengguna media sosial, tepatnya di daerah Kediri, Jawa Timur.

Tidak perlu repot harus pergi ke Kediri untuk dapat memetik bunga matahari sebagai syarat foto yang aesthetic. Saat ini bibit tanaman hias bunga matahari sudah banyak diperjual belikan. Kalau bisa menanam sendiri pasti bisa lebih mudah digunakan kapan saja untuk property foto instaram kamu. Biar lebih kekinian, silahkan berikan sahabat, kekasih, rekan kerja kamu sebuah karangan bunga matahari yang juga sudah banyak dijual di toko bunga kesayangan kamu.

Bunga Matahari Sebagai Hadiah

Bagaimana kalau memastikan terlebih dahulu makna dari bunga matahari yang kamu berikan?  Jangan salah, bunga matahari bukan hanya berwarna kuning seperti yang biasa kita lihat. Masih ada bunga matahari merah, bunga matahari putih dan bunga matahari kecil. Dijamin, bila warnanya sesuai maka pesan yang ingin kamu sampaikan akan dengan mudah dipahami oleh orang yang kamu tuju. Sebagai nilai plus, bila digunakan sebagai property maka foto aesthetic kamu akan jauh lebih dramatis dan bermakna.

Beda Warna Beda Makna

1. Bunga matahari kuning

Bunga matahari kuning
Bunga matahari kuning

Warna kuning pada bunga matahari melambangkan vitalitas, kecerdasan dan kebahagiaan. Bunga matahari yang memiliki bentuk mencolok dan warna yang ceria dihubungkan dengan berbagai hal postifif. Bunga matahari warna kuning ini paling cocok diberikan kepada teman terdekat kamu sebagai simbol persahabatan. Bunga matahari kuning juga bisa kamu berikan sebagai hadiah untuk rekan kerja atas kerja keras dan dedikasinya. Warna kuning pada bunga sendiri bermakna persahabatan, kesehatan dan juga penghormatan.

2. Bunga matahari merah

Bunga matahari merah
Bunga matahari merah

Warna merah pada bunga identik dengan pesan cinta, romansa dan gairah. Sebab warna bunga merah diasosiasikan dengan warna hati serta bentuk presentasi dari rona wajah dengan pipi kemerah-merahan. Namun bersama dengan makna tersebut, bunga matahari bewarna merah juga bisa menjadi lambang kekuatan, dan keberanian. Bunga matahari merah cocok untuk menyampaikan rasa kagum kamu pada seseorang atas keberanian yang dimiliki sekaligus bentuk dukungan kekuatan atas apa yang akan dihadapi.

3. Bunga matahari putih

Arti paling umum dari penggunaan warna putih adalah kemurnian, artinya bebas dari dosa, kebersihan dan sterilitas serta iluminasi dan inspirasi baik. bersamaan dengan hal baik tersebut, bunga berwarna putih juga dikaitkan dengan kematian dalam budaya Asia khususnya Cina dan Taiwan. Bunga matahari putih bisa melambangan penghormatan terakhir sekaligus bentuk kesetiaan sampai akhir yang dapat kamu berikan saat pemakaman orang terkasih kamu.

4. Bunga matahari kecil

Tanaman bunga matahari kecil umumnya bergerombol. Pada bunga matahari terdapat banyak bunga dalam satu tandan. Bahkan beberapa penelitian menyebutkan bahwa banyakanya bunga tersebut bisa mencacpai 2.000 bunga. Bentuk  ini yang akhirnya melahirkan makna atau filosofi bunga matahari sebagai bentuk persatuan. Karangan bunga matahari kecil cocok kamu berikan kepada rekan kerja sebagai bentuk harapan baik atas kerjasama yang akan atau sudah dilakukan.

 

Tren Ber-pose dengan Bunga Matahari

Ladang bunga matahari
Ladang bunga matahari

Pengguna aktif sosial media kini semakin kreatif menciptakan tren demi tren baru setiap harinya. Yang belum lama dan masih banyak diterapkan adalah tren foto aesthetic, yang dalam Bahasa Indonesia artinya estetika atau keindahan. Tren yang saat ini sedang berkembang dikalangan anak muda adalah ber-pose dengan tanaman bunga matahari sebagai property. Tanaman bunga matahari entah sejak kapan menjadi bagian dari tren aesthetic ini.

Beberapa pose atau gaya yang umum dilakukan para pengguna platform Instagram ini adalah pose berdiri ditengah kebun bunga matahari dengan berbagai ekspresi, diantaranya candid ber-gaya seolah tidak melihat kamera, tersenyum lepas, hingga ekspresi datar. Adapula pose menutupi sebeah wajah dengan setangkai bunga matahari.

Hasil foto yang dapat dikatakan aesthetic adalah yang dapat dikatakan seimbang komposisinya antara subject yang ada dalam foto dan latar berupa kebun bunga matahari. Keseimbangan komposisi foto tersebut yang akhirnya menghasilkan keindahan. Sebagai point tambahan, biasanya sebelum memposting foto tersebut, foto terlebih dahulu dipoles pada tahap editing warna. Ini akan menambah efek dramatis pada foto. Pilihan editing warna biasanya diubah menjadi lebih mencolok untuk hasil foto yang cerah dan ceria, lebih soft untuk hasil foto dengan tema calming, atau menambahkan tone warna lain seperti orange, kuning atau biru langit untuk menyamakan dengan tone warna pada postingan Instagram orang dalam foto.

Saat ini tanaman bunga matahari bukan hanya digunakan sebagai tanaman hias seperti kebanyakan bunga lainnya, atau disusun sedemikian rupa membentuk karangan bunga sebagai hadian untuk kekasih, sahabat bahkan rekan kerja. Bunga matahari saat ini dimanfaatkan sebagai property penunjang hasil foto yang bagus dengan warna dan bentuk bunga yang mencolok. Sejalan dengan tren warna kuning disepanjang tahun 2020, Bunga matahari dinilai mampu mengasosiasikan tren tersebut. Menjadi salah satu icon wajib penggunaan tren warna kuning. Bersamaan dengan kemampuan tanaman bunga matahari dalam melambangkan semangat, serta energy positif dengan tanpa melupakan keindahan.

Leave a Reply