7 Hal Menarik Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Tahun Baru Imlek

Festival
Festival

Tahun Baru Imlek merupakan salah satu perayaan festival yang sangat penting, apalagi di Cina.  Di luar negeri, Tahun Baru Imlek juga sangat di kenal dengan nama Tahun Baru Bulan karena Tahun Baru Imlek mengikuti kalender bulan atau Cina, yang juga berarti mengikuti perputaran bulan mengitari bumi. Yang membuat Tahun Baru Imlek ini unik yaitu adalah perayaan yang lama bahkan sampai 15 hari dan banyak sekali tradisi yang terkait dan di lakukan pada saat Tahun Baru Imlek. Berikut adalah 7 hal yang kamu harus ketahui mengenai Tahun Baru Imlek.

1. Dikenal Juga Sebagai Festival Musim Semi

Festival musim semi
Festival musim semi

Tahun Baru Imlek di kenal dengan nama Chunjie di Cina yang berarti adalah Festival Musim Semi. Di panggil Festival Musim Semi karena menandakan mulai dari tahun baru menurut kalender Cina dan biasanya mulai di awal musim semi yang juga menyambut awal yang baru dan musim panen.

 

2. Tidak Ada Tanggal Pasti

Kalender imlek 2
Kalender imlek 2

Tidak seperti liburan di budaya barat, seperti Hari Raya Natal atau perayaan lainnya yang mengikuti kalender masehi sebagai perhitungannya, Tahun Baru Imlek berubah setiap tahunnya. Festival Imlek berlangsung selama 15 hari dan pada tahun 2021 ini akan jatuh pada tanggal 12 Februari.

Pada umumnya, Tahun Baru Imlek jatuh pada sekitar pertengahan Januari sampai pertengahan Februari.

 

3. Liburan Terpanjang di Cina

Pusat perbelanjaan
Pusat perbelanjaan

Walaupun umumnya Tahun Baru Imlek berlangsung selama 15 hari, banyak orang sudah mulai untuk mempersiapkan bahkan beberapa hari sebelum hari pas Tahun Baru Imlek tersebut, membuat perayaan setidaknya lebih dari 15 hari. Namun, di Cina sendiri, mereka merayakan Tahun Baru Imlek sebagai libur nasional yang berlangsung selama 1 bulan penuh. Sebelum festival, keluarga banyak sekali yang pergi keluar untuk membeli baju baru, makanan, cemilan, dan hadiah untuk di siapkan di rumah karena toko akan tutup selama perayaan Tahun Baru Imlek ini.

 

4. Dilarang Mandi, Menyapu, dan Membuang Sampah

Tahun Baru Imlek memiliki larangan dan peraturan yang unik. Di percaya bahwa kalua kamu melanggar larangan atau aturannya, kesialan akan menimpa di tahun baru ini. Mandi adalah salah satu larangan yang harus di jauhi pada saat Tahun Baru Imlek, biasa nya orang yang merayakan akan mandi hanya 1 hari sebelum Tahun Baru Imlek yaitu pada malam sebelumnya. Menyapu juga tidak di perbolehkan karena di percaya kalau menyapu akan membuang semua keberuntungan yang seharusnya di dapatkan di tahun baru.

 

5. Anak Kecil Mendapatkan Amplop Merah – Angpao

Angpao
Angpao

Sudah menjadi sebuah tradisi untuk orang tua memberikan anak kecil angpao berisikan uang yang di percaya adalah uang hoki. Mereka percaya bahwa dengan memberikan angpao akan membawa keberuntungan untuk anak-anak ini. Tidak hanya dari orang tua untuk anak, bahkan terkadang pemilik perusahaan juga membagi angpao untuk karyawan saat Tahun Baru Imlek.

 

7. Dekorasi Berwarna Merah

Dekorasi
Dekorasi

Pada waktu ini di setiap tahun, keluarga dan pemilik rumah akan mendekorasi rumahnya dengan banyak sekali barang berwarna merah. Karena di percaya bahwa jaman dulu, warna merah dapat mengusir raksasa yang menyerang sebuah desa. Orang-orang juga akan mengenakan pakaian berwarna merah untuk merayakan. Bahkan lentera berwarna merah juga di gantung di depan pintu masuk rumah.

 

Zodiak Binatang Setiap Tahun – Shio

Banyak dari orang luar negeri yang lebih mengenal zodiac horoscope bintang, yang mewakili setiap bulannya. Dalam tradisi Cina, ada 12 zodiak dalam bentuk binatang yang mewakili setahun penuh dan akan berubah di Tahun Baru Cina berikutnya, dan pada Tahun Baru Imlek 2021 ini adalah tahun kerbau.

Leave a Reply