Serba Serbi Valentine

love
love

Valentine’s Day atau Hari Kasih Sayang menjadi waktu yang dirasa paling tepat untuk mengukapkan dan menumpahkan rasa cinta kamu pada seseorang. Tidak melulu kekasih, bisa jadi untuk wanita paling berjasa dihidup kamu. Yang biasanya sangat sulit mengucapkan kata ’sayang’, momen valentine inilah waktu yang paling cocok untuk mewajarkan kata ‘sayang’ terucap.

Awal Mula Tradisi Valentine

Valentine identik dengan tradisi memberikan kado hari valentine, bertukar hadiah dengan orang terkasih. Tidak jarang banyak brand memanfaatkan momen ini untuk mengeluarkan produk khusus hari valetine guna meningkatkan penjualan. Pada mulanya tradisi bertukar kado hari valentine dimulai sejak abad ke-18 di Inggris. Awalnya, kado valentine hanya berupa kartu ucapan yang dibuat sendiri. Kala itu, kartu ucapan sederhana buatan sendrii dihiasi dengan renda dan pita untuk kemudian dikirimkan pada seseorang. Untuk lambang cupid dan lambang hati sebagai symbol valentine sendiri dipopulerkan oleh orang Amerika.

Siapa sangka tradisi merayakan hari valentine ini ternyata bermula dari kisah tragis. Ternyata sejarah valentine adalah tentang kematian orang bernama Valentine akibat hukuman penggal pada tanggal 14 Februari atau terkait perayaan tahunan Lupercalia, berupa pencambukan terhadap perempuan untuk meningkatkan kesuburan yang diperingati setiap tanggal 15 Februari, yang kemudian mulai dikaitkan dengan cerita romansa percintaan.

Pada masa abad pertengahan, Henry Ansgar Kelly menulis buku berjudul Chaucer dan Cult of Saint Valentine tepatnya pada tahun 1381. Ini adalah buku yang pertama kali mengaitkan hari kematian Valentine dengan kisah percintaan. Buku ini berisi puisi untuk menghormati pertunangan antara Raja Inggris Richard II dan Anne of Bohemia. Momen puitis yang tertulis dalam buku ini dijadikan sebagai hari perayaan. Perayaaan yang bertepatan dengan musim kawin burung dan hari kematian Valentine akhirnya dikaitkan menjadi satu.

 

Ungkapan Kasih Sayang

Valentine’s day atau hari kasih sayang adalah hari yang dianggap paling tepat untuk dapat mengungkapkan rasa sayang kepada orang terkasih. Tapi pada kenyataanya masih saja banyak diantara kita yang masih canggung dengan ungkapan kata sayang. Namun bersyukur, ungkapan sayang di hari valentine masih bisa digantikan atau lebih tepatnya disimbolkan dengan kado valentine.

Tidak perlu khawatir, kado untuk valentine tidak melulu harus mahal, tidak jarang bukti kasih sayang itu justru bisa diungkapkan dengan kado valentine unik yang berkesan untuk penerimanya.  Kado hari valentine yang dibeli dengan harga terjangkau pun bisa memukau gebetan, pacar atau bahkan ibu kamu. Seperti beberapa pilihan kado untuk valentine berikut ini:

1. Jepitan rambut

Jepitan rambut bisa menjadi kado valentine unik. Harga untuk sebuah jepitan rambut berkisar pada belasan hingga puluhan ribu rupiah. Hadiah ini cocok untuk kamu yang ingin memberikan kado valentine unik namun berkesan. Terlebih bila si penerima adalah sosok yang cukup memahami fashion dan gemar mengoleksi aksesoris. Dijamin hadiah dari kamu tidak akan terbuang sia-sia.

2. Gelang tangan

Gelang tangan
Gelang tangan

Ingin kado hari valentine yang lebih romantis? Gelang tangan menjadi jawabannya. Untuk menambah kesan mewah kamu bisa membungkus gelang tersebut dengan kotak perhiasan kecil. Untuk harganya sendiri, gelang tangan memiliki harga yang bervariasi. Semua bisa disesuikan dengan budget yang kamu miliki. Kado ini cocok menjadi kado valentine untuk wanita.

3. Sepatu heels

Sepatu hak
Sepatu hak

Kado valentine untuk wanita lainnya adalah sepatu heels. Terdapat kutipan pepatah mengatakan “sepatu yang bagus akan membawamu ke tempat yang bagus pula”. Kado buat valentine ini melambangkan harapan kamu agar orang terkasih dapat selalu pergi ke tempat yang baik dan menyenangkan di masa yang akan datang. Sepatu heels adalah kado valentine untuk wanita yang dirasa tepat sebab kado valentine jenis ini pasti akan digunakan. Harga sepasang sepatu heels juga bervariasi tergantung pada model, bahan dan brand.

4. Masker Wajah

Saat ini, skincare menjadi hal yang wajib untuk wanita. Memperhatikan kebersihan dan kesehatan wajah adalah hal yang mutlak wajib dilakukan. Masker akhirnya bisa jadi pilihan kado valentine unik kamu untuk orang-orang tersayang. Pilihan masker saat ini juga sangat beragam, dari bentuk kemasan yang unik, menggemaskan, hingga terkesan mewah. Dengan harga yang bervariasi juga tentunya kamu akan lebih mudah memilih yang sesuai dengan budget.

5. Scarf

Kado hari valentine lainnya adalah scarf. Scarf merupakan salah satu kado valentine unik yang fungsional. Selain bisa dipasangkan dileher, scarf juga dapat dialihfungsikan sebagai aksesoris pengikat rambut. Scarf sudah lama menjadi bagian dari tren fashion dari tahun ketahun. Pesona scarf seolah tidak pernah usang. Scarf mampu membuat tampilan orang tersayang kamu menjadi kasual dan simple namun tetap fancy. Barang ini cocok sebagai kado hari valentine unik. Karena berukuran tidak besar namun berkesan sekaligus bermanfaat. Kado valentine ini cocok untuk segala usia. Sehingga dapat diberikan untuk gebetan, pacar sampai ibu kamu.

 

Cara Merayakan Hari Valentine

Ungkapan kasih sayang dibagi menjadi lima. Bisa melalui kata-kata, pelayanan seperti memasak untuk orang terkasih, quality time, sentuhan fisik dan pemberian atau hadiah. Cokelat dan bunga kerap dijadikan hadiah untuk mengungkapkan kasih sayang namun seperti yang disebutkan sebelumnya, masih banyak alternative hadiah lain yang bisa jadi lebih unik dan berkesan untuk valentine kamu.

Selain saling memberikan kado, valentine atau hari kasih sayang juga bisa dirayakan dengan melakukan kegiatan bersama sebagai bentuk quality time. Berikut ini ada beberapa kegiatan unik yang bisa kamu bersama orang tersayang lakukan bersama.

1. Bikin kue bersama di rumah

Bikin kue bersama
Bikin kue bersama

Sediakan waktu khusus satu hari kamu untuk memasak bersama orang tersayang. Membuat kue terdengar sederhana namun berkesan. Membuat kue dalam rangka hari valentine dapat mempererat hubungan kamu dengan pasangan dan keluarga. Tidak perlu memilih jenis kue yang rumit. Cukup buat yang sederhana seperti pancake atau waffle. Akan semakin seru bila sebelum memasak kamu bisa mengajak orang tersayang yaitu pasangan atau keluarga untuk belanja bahan-bahan yang dibutuhkan bersama di supermarket terdekat.

2. Nonton film bareng

Menghabiskan waktu marathon film bareng pasangan atau orang tua bisa jadi momen sederhana yang berkesan di hari valentine. Selain praktis kegiatan ini juga cenderung relax atau santai karena sepenuhnya berisi hiburan. Tidak perlu banyak yang harus dipersiapkan. Cukup putarkan film dengan genre favorite pilihan keluarga, tidak diharuskan menonton film genre romance. Dan sebagai pelengkap, siapkan beberapa camilan pendukung. Menonton film bersama tidak harus dibioskop, kamu bisa menggunakan tv pintar dirumah kamu atau membeli sebuah proyektor mini yang dikhususkan untuk menonton film.

3. Tukar kado

Kalau kamu tidak ingin menghabiskan valentine hanya dengan momen, silahkan memilih jenis kegiatan ini. Dengan tukar kado kamu dapat memberi sekaligus menerima kado baru di hari valentine. Terdapat kenangan yang lebih jelas terlihat bentuknya bukan hanya sekedar foto kegiatan. Tidak perlu kado yang mahal yang penting berkesan dan akan jauh lebih baik bila memberikan hadiah yang sesuai dengan kesukaan orang tersayang kamu.

Leave a Reply