Rekomendasi Makanan yang Cocok untuk Setiap Golongan Darah

makanan golongan darah

Seringkali merasa gagal dalam mengatur pola makan dan kesehatan Anda? Mungkin karena kita belum mencoba mengatur asupan makanan sesuai dengan golongan darah kita. Seorang dokter naturopati bernama Dokter Peter J. D’Adamo, percaya bahwa golongan darah dapat mempengaruhi sistem pencernaan kita. Menurut Dr. D’Adamo dalam bukunya yang berjudul ‘Eat Right for Your Type‘ menyatakan bahwa setiap golongan darah akan bereaksi berbeda terhadap makanan yang kita makan. Tubuh kita akan mencerna makanan dengan baik jika kita makan sesuai dengan kebutuhan asupan golongan darah kita. Dengan begitu, tubuh kita menjadi lebih sehat, tidak mudah terserang penyakit dan berat badan akan turun secara stabil.

Golongan Darah O

Golongan darah O cenderung memiliki jumlah asam yang lebih tinggi di perutnya; oleh karena itu, mereka dapat mencerna protein dan lemak dengan mudah. Dr. D’Adamo merekomendasikan protein tinggi pada daging tanpa lemak, makanan laut (terutama untuk menurunkan berat badan), sayuran, buah-buahan dan minyak zaitun. Selain itu, mereka juga harus dipasangkan dengan latihan aerobik yang kuat.

Dr. D’Adamo juga merekomendasikan bagi mereka yang memiliki golongan darah O untuk menghindari gandum, jagung, kacang merah, susu, dan kafein dan alkohol.

Golongan Darah A

Orang dengan darah tipe A mungkin memiliki kadar asam lambung yang lebih rendah daripada jenis darah lainnya dan kecenderungan alami yang lebih tinggi untuk mengembangkan penyakit lain, seperti kanker dan diabetes. Diet bebas daging yang didasarkan pada sayuran dan buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian – idealnya organik dan segar direkomendasikan untuk darah tipe A.

Karena sistem kekebalannya yang sensitif, darah tipe A harus menghindari susu, daging rusa, daging unggas selain ayam dan kalkun, dan buah-buahan tertentu seperti jeruk, stroberi, mangga, dan melon. Dengan diet ini, darah tipe A berpotensi mencegah perkembangan penyakit yang mengancam jiwa.

Golongan Darah B

Berbeda dengan golongan darah lainnya, golongan darah B lebih fleksibel dan memiliki kemampuan untuk berkembang dalam kondisi yang berubah-ubah. Dr. D’Adamo menyarankan telur, gandum, susu, protein hewani, sayuran hijau, dan ikan.

Namun, untuk tipe B, faktor terbesar kenaikan berat badan adalah jagung, gandum, tomat, kacang tanah, dan biji wijen. Masing-masing makanan ini mempengaruhi efisiensi proses metabolisme, yang mengakibatkan kelelahan, retensi cairan, dan penurunan gula darah yang parah.

Golongan Darah AB

Terakhir, darah tipe AB jarang ada yang punya – ditemukan dalam kurang dari lima persen populasi. Mereka berbagi manfaat dan tantangan dari golongan darah Tipe A dan Tipe B. Tipe AB harus memperhatikan kombinasi makanan tertentu. Mereka akan mencerna dan memetabolisme makanan dengan lebih efisien jika mereka menghindari makan pati dan protein dalam makanan yang sama.

Mereka yang memiliki golongan darah AB harus makan sayur, buah, biji-bijian, ikan, domba, tahu, dan susu. Untuk menurunkan berat badan, tahu, makanan laut, sayuran hijau, dan rumput laut adalah yang terbaik tetapi kafein, jagung, soba, dan alkohol harus dihindari.

Leave a Reply