Bagaimana Perayaan Tahun Baru Imlek Dilakukan?

Tari Naga
Tari Naga

Tahun Baru Imlek, di kenal juga sebagai Festival Musim Semi, adalah festival yang luar biasa besar nya yang di rayakan oleh jutaan orang di seluruh dunia, terutama orang-orang yang memiliki latar belakang Cina. Tahun Baru Imlek adalah liburan yang paling berdampak yang berlangsung lebih dari 2 minggu. Tidak hanya itu, di Cina, liburan Tahun Baru Imlek dapat berlangsung selama 1 bulan penuh dan adalah hari libur nasional. Imlek juga di kenal dengan Tahun Baru Bulan di luar negeri karena mengikuti tanggal sesuai dari kalender Cina dan tidak di rayakan pada tanggal 1 Januari seperti Tahun Baru barat yang mengikuti kalender Masehi.

Seperti yang kita tahu, Tahun Baru Imlek di rayakan selama 15 hari. Tapia pa yang di lakukan setiap hari nya selama 15 hari? Berikut adalah panduan agar kamu tahu bagaimana orang merayakan Tahun Baru Imlek.

Persiapan Tahun Baru Imlek

1. Bersih Bersih Rumah

Sapu
Sapu

Persiapan Tahun Baru Imlek berawal 7 hari sebelum malam Tahun Baru. Pada hari ke 23  di bulan ke 12 menurut kalender Cina, orang-orang Cina membersihkan rumahnya dengan teliti dan juga di anggap untuk mengusir nasib buruk. Di percaya juga bahwa membersihkan rumah sebelum Tahun Baru Imlek akan mengundang rezeki dan keberuntungan di tahun yang akan datang dan adalah sebuah cara untuk mengatakan selamat tinggal untuk tahun yang lama.

 

2. Berbelanja

Pusat Perbelanjaan
Pusat Perbelanjaan

Sama seperti Hari Raya Natal, dimana banyak sekali diskon yang di adakan oleh toko-toko dan banyak sekali orang yang pergi berbelanja baju baru, pada Tahun Baru Imlek semua orang akan menyerbu toko untuk mencari baju baru yang akan di pakai saat hari perayaan. Mereka juga biasa berbelanja makanan untuk di siapkan di rumah agar tamu bisa makan.

 

Aktivitas Tahun Baru Imlek

1. Dekorasi Rumah

Dekorasi
Dekorasi

Biasanya, orang-orang akan mendekorasi rumah mereka dengan dekorasi berwarna merah termasuk lentera merah, tempelan Tahun Baru, poster, dan juga tempelan sambutan Tahun Baru. Bahkan banyak juga dekorasi yang ada gambar zodiak yang di lambangkan oleh tahun itu, juga ada yang terlihat di angpao.

 

2. Persembahan Untuk Leluhur

Tradisi Cina sangatlah unik. Malam sebelum Tahun Baru Imlek, biasa nya orang Cina akan mempersembahkan makanan untuk leluhur yang sudah meninggal yang di percaya akan melindungi dan membantu bertumbuh makmur. Tradisi ini juga adalah sebuah cara untuk memberikan leluhur makanan dan minuman untuk di nikmati.

 

Tahun Baru Imlek

1. Menyalakan Kembang Api

Kembang Api
Kembang Api

Setiap Tahun Baru Imlek, sudah menjadi tradisi untuk orang-orang menyalakan kembang api. Jaman dulu, di percaya bahwa ada sebuah raksasa yang mau menyerang desa, dan kembang api lah yang mengusir dia karena suara nya yang begitu keras. Namun, sekarang orang-orang menyalakan kembang api untuk memeriahkan suasana dan di percaya semakin kencang suara nya akan semakin membawa keberuntungan di tahun baru dan masa depan.

 

2. Datang Ke Rumah Saudara/Saudari

Seringkali kita lihat bahwa orang-orang akan mengunjungi rumah keluarga dan kerabat, bahkan sahabat baik untuk memberikan salam tahun baru untuk satu sama lain. Biasanya di rumah akan di sediakan makanan dan minuman untuk berbagi. Pada saat seperti ini, anak-anak juga akan menyatakan salam dan biasa nya berharap di berikan angpao, amplop merah berisikan uang hoki.

Leave a Reply