Menyiram Bunga Mawar, Solusi Terbaik Ketika Akhir Pekan

Menyiram Bunga Mawar, Solusi Terbaik Ketika Akhir PekanBunga mawar adalah salah satu bunga yang paling banyak disukai oleh kebanyakan orang. Meskipun tangkainya memiliki duri, namun peminat bunga ini tidak pernah menurun. Bahkan saat ini mawar menjadi bunga yang paling banyak dijumpai di toko bunga, baik yang online atau tidak.

Pembudidaya bunga satu ini juga tidak sedikit. Bahkan setiap lahan budidaya bunga hampir pasti ada jenis bunga satu ini. Seain karena mudah dikembangkan, bunga ini juga memiliki beberapa jenis warna. Yang paling umum adalah warna merah dan putih, namun ada juga warna lain.

Bunga ini sebenarnya sangat mudah ditanam dan dirawat sendiri di rumah. Anda bisa menggunakan pot kecil atau langsung menanam di halaman rumah. Kegiatan bertaman mulai dari menyiram memang menjadi salah satu hal menarik. Lalu apa saja manfaat ketika Anda menyiram bunga ini?


Habitat Bunga

Bunga mawar memiliki habitat yang sangat beragam karena pada dasarnya bunga ini berasal dari daratan Asia. Karena itu bunga yang sering dijadikan sebagai bunga cinta ini bisa hidup dihampir semua tanah, baik cuaca dingin atau panas. Karena bunga ini cocok ditanam di pekarangan.
Anda bisa menaman bunga satu ini didalam pot kecil atau besar. Dengan cara seperti ini Anda bisa lebih mudah memindahkan bunga ke tempat yang Anda inginkan. Selain itu, ketika Anda memiliki waktu senggang juga bisa dengan mudah merawatnya serta menyiraminya kapan saja.
Dengan mengetahui habitat apa yang cocok dengan bunga ini, maka Anda akan lebih bebas melakukan perawatan. Anda bisa memilih pupuk yang cocok ketika Anda merawatnya. Dengan cara seperti ini maka ketika Anda menyiramnya maka daerah sekitar bunga tidak becek.

Jenis-Jenis Mawar

Ketika Anda memutuskan untuk menanam dan merawat bunga ini, tentu Anda juga harus mengetahui beberapa jenis bunga mawar. Perlu Anda ketahui, selain dari warna bunga, jenis bunga ini bisa dibedakan dari banyak aspek. Mengetahui jenisnya berarti akan memudahkan Anda merawatnya.
Namun, dari sekian banyak mawar, biasanya pembagian dikelompokan menjadi 3 jenis, mawar taman modern, mawar liar, dan mawar taman kuno. Setiap kelompok biasanya sangat mudah untuk dibedakan. Anda juga akan lebih mudah memilah mawar mana yang seharusnya Anda rawat.
Sebagai contoh, tipe mawar taman modern biasanya memiliki bau yang cukup harus dengan kelopak ganda. Mawar ini sudah dibudidayakan sejak beberapa abad lalu di taman-taman modern. Mawar ini yang mungkin kini banyak Anda jumpai di beberapa toko bunga.

Cara Merawat

Bunga mawar pada umumnya sangat mudah untuk dirawat. Asalkan Anda menempatkan bunga tersebut di tempat yang tepat, maka masa hidup bunga ini juga akan lama. Biasanya untuk beberapa mawar tertentu bisa Anda tanam di dalam pot bunga, namun sebagian lain tidak bisa.
Anda juga harus rutin menyiram bunga ini ketika ada waktu senggang, misalnya ketika akhir pekan. Hari sabtu atau minggu biasanya adalah hari bebas dimana tidak ada pekerjaan yang menumpuk. Anda bisa memanfaatkan waktu seperti ini untuk menyirami tanaman mawar di halaman.

Manfaat Menyiram Mawar

Sebenarnya jika dilihat dari segi manfaat, menyiram bunga mawar pada dasarnya adalah untuk relaksasi. Kebanyakan orang memiliki kecenderungan untuk merasakan stres. Sedangkan untuk menghilangkan stres tersebut bisa dilakukan dengan menyiram bunga, termasuk bunga satu ini.
Ada banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan dari menyirami mawar, baik dengan jumlah banyak atau kecil. Namun faktanya ketika seseorang menyiram bunga, maka akan ada timbul perasaan tenang. Rasa menyenangkan akan bisa Anda rasakan ketika menyiram bunga.
Bahkan jika Anda memang menekuni hobi menyirami mawar setiap akhir pekan, ini bisa Anda manfaatkan sebagai ladang bisnis. Anda bisa membudidayakan bunga mawar dengan skala besar. Hasilnya bisa Anda jual dengan harga terjangkau, apalagi mawar tersebut tidak sulit dirawat bahkan untuk seorang pemula sekalipun.

Manfaat lain

Ketika Anda rutin merawat bunga ini dengan menyiramnya secara cukup, Anda bisa mendapatkan beragam manfaat lain. Percaya atau tidak bunga ini bisa digunakan untuk produk kecantikan. Misalnya Anda bisa memanfaatkan bunganya untuk mandi bunga atau dibuat lulur sebagai cara memperhalus kulit tubuh.

Bahkan di beberapa negara ada yang membuat sirup dari bahan mawar. Olahan berupa makanan dari bunga ini cukup terkenal di banyak negara. Ada yang mencampurkannya dengan puding, membuatnya menjadi permen, bahkan mawar menjadi bahan dasar ketika membuat marshmallow di negara seperti Amerika Serikat.

Hobi menyiram mawar setiap akhir pekan memang menyenangkan. Selain bisa membantu menghilangkan stres akibat seminggu penuh bekerja, menyiram mawar nyatanya mampu memberikan kesempatan bisnis. Karena itu jika hobi merawat dan menyirami bunga mawar ini Anda tekuni, pasti akan sangat bermanfaat bagi Anda.

Leave a Reply