Mengenal Bunga Meja dan Bagaimana Cara Merawatnya

bunga meja 2Pernahkan Anda mendengar nama bunga meja? Ini sebenarnya bukan nama dari sebuah bunga, melainkan sebutan bagi bunga yang ditaruh dalam pot kecil dan diletakan pada meja. Sebenarnya tidak ada bunga khusus yang harus dipakai dalam bunga hias meja karena semua jenis bunga bisa dipakai.

Sebagian orang memang ingin di meja kerja mereka ada sebuah bunga, namun tidak mungkin jika meja menjadi kotor. Karena itu solusinya adalah dengan memiliki sebuah bunga hias dan diletakan di meja. Biasanya ini bisa dianggap sebagai salah satu sumber inspirasi ketika bekerja.

Sebagai bunga hias meja, tentu kriteria yang Anda harus pahami adalah umur bunga. Terlebih lagi Anda harus memperhatikan sifat bunga tersebut, apakah bisa membuat ruangan Anda segar atau tidak. Lalu bagaimana cara memilih atau merawat bunga hias meja supaya ruang kerja terlihat lebih berkesan?

Memilih Jenis Bunga

Umumnya, bunga meja bisa memakai jenis bunga apa saja asalkan ukurannya tidak terlalu besar. Kebanyakan bunga hias meja memanfaatkan bunga atau tanaman dengan ukuran mini, misanya bambu mini, kaktus mini, bunga anggrek, hingga bunga krisan. Pemilihan bunga bisa Anda sesuaikan dengan selera.

Setiap jenis bunga memang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Karena itu Anda perlu mempertimbangkan bunga yang akan dipilih untuk menghiasi meja kerja. Tidak salah memang jika Anda ingin bunga yang mewah, asalkan ketika Anda memilihnya diikuti dengan beberapa pertimbangan tersendiri.

Jangan Terlalu Sering Menyiram

Karena diletakan didalam ruangan, maka tentu saja penguapan air akan menjadi lebih sedikit. Karena itu Anda tidak perlu terlalu sering menyiramnya setiap hari. Bunga meja yang Anda miliki hanya perlu disiram selama 2-3 hari sekali. Itu pun juga kuantitas air jangan terlalu berlebihan.
Semakin sering Anda menyiram bunga hias meja ini, maka pot akan menjadi lebih lembab. Akibatnya buka akan lebih banyak menyerap air dan pada akhirnya mati karena membusuk. Bukan meja bersih dan terhiasi oleh bunga cantik, namun pada akhirnya malah menjadi tempat bunga membusuk.

bunga meja

Mendapatkan Cahaya

Meskipun Anda meletakan bunga meja didalam ruangan, namun setidaknya letakan pot bunga tersebut di dekat dengan cahaya matahari. Ini bertujuan untuk fotosintesis bunga supaya tetap mendapatkan energi. Apalagi fotosintesi menghasilkan oksigen sehat dan memberikan ruangan Anda menjadi lebih segar setiap saat.

Ini juga tergantung tanaman atau bunga apa yang ada di meja Anda. Memang tidak semua bunga atau tanaman memerlukan paparan cahaya matahari secara langsung. Namun setidaknya setiap pagi bunga hias tersebut mendapatkan cahaya sebagai sumber energi untuk fotosintesis sehingga bunga tumbuh dengan sehat.

Kelembaban Ruangan

Jika Anda memiliki ruangan kerja yang terdapat AC, maka sebaiknya memperhatikan kondisi bunga hias Anda. Ada sebagian jenis bunga yang mampu bertahan terhadap perubahan kelembaban secara mendadak. Namun ada juga bunga yang tidak mampu bertahan terhadap perubahan kelembaban secara mendadak.

Karena itu, Anda perlu memperhatikan setiap saat kelembaban udara yang ada di ruang kerja. Bunga meja perlu dirawat supaya bisa bertahan lebih lama supaya tempat kerja menjadi lebih berkesan. Apalagi adanya bunga hias meja ini juga untuk menghilangkan stres ketika seharian bekerja.

Pemberian Nutrisi

Memberikan nutrisi pada bunga sangatlah penting bagi perkembangan dan pertumbuhan bunga. Bukan hanya Anda berikan tanah, kerikil dan air saja, namun juga memberikan pupuk. Anda bisa memilih untuk memberikan pupuk kompos tertentu supaya tidak menimbulkan bau ketika Anda pakai dalam ruangan.

Memberikan nutrisi berupa pupuk dapat memberikan asupan nitrogen dan kalium kepada bunga. Kedua zat tersebut sangat baik untuk batang bunga sehingga lebih kokoh. Jadi bunga tidak akan mudah patah ketika Anda tidak sengaja menyentuhnya dengan keras. batang bunga akan berdiri lebih kuat.

Memangkas Bunga

Ketika Anda memiliki bunga meja dan ada beberapa bagian yang layu atau sakit, maka sesegera mungkin untuk memangkasnya. Tujuanya adalah supaya tidak menyebar ke seluruh bagian bunga. Apalagi jika sudah menyebar maka besar kemungkinan bunga hias tersebut akan cepat mati dan Anda harus membuangnya.

Memangkas beberapa bagian tumbuhan seperti batang, ranting, maupun daun juga sebenarnya untuk kesehatan bunga. Karena Anda meletakan didalam pot kecil, tentu nutrisi yang dibutuhkan harus cukup. Sedangkan jika bunga tumbuh terlalu tinggi akan berdampak pada asupan nutrisi yang dibutuhkan.

Anda memang tidak perlu memangkas bunga setiap saat, melainkan hanya memangkasnya ketika saat-saat tertentu. Misalnya jika bunga tumbuh terlalu tinggi atau ada bagian bunga yang terkena penyakit. Karena itu Anda juga perlu mengecek keadaan bunga hias ini setiap saat.

Merawat bunga hias meja untuk melengkapi meja kantor memang hal yang sangat menyenangkan. Terkadang bunga ini bisa membuat ide cemerlang datang dan bahkan menambah motivasi bekerja. Bunga meja bisa dimanfaatkan untuk memenuhi berbagai kebutuhan tersebut.

Leave a Reply