Kebun Bunga Matahari yang Cocok untuk Pekarangan Rumah

Kebun Bunga Matahari yang Cocok untuk Pekarangan RumahBunga matahari adalah salah satu bunga yang sangat unik karena bijinya bisa dimanfaatkan untuk membuat camilan. Bunga ini sebenarnya berasal dari daratan benua Amerika, terutama negara Peru, Meksiko dan Amerika Serikat. Bunga ini sendiri memiliki nama latin Helianthus Annuus L.
Di beberapa negara, bunga ini memiliki beragam nama. Misalnya di Inggris mereka menyebutnya sebagai Sun Flower. Di Jepang masyarakat lokal menyebutnya dengan nama Himawari dan banyak dipakai untuk nama anak perempuan. Sedangkan di China mereka biasa menyebutnya sebagai Xuang Ri Kui.


Salah satu bunga unik ini sebenarnya hanya berbunga setahun sekali. Namun sekalinya berbunga, Anda akan mendapatkan pemandangan yang sangat menakjubkan. Jika Anda memiliki pekarangan yang tidak terpakai dan cukup luas, Anda bisa memanfaatkannya untuk berkebun bunga ini dan memanfaatkan hasilnya.

Bentuk Bunga

Bunga matahari pada dasarnya adalah bunga yang memiliki batang tinggi, bahkan hingga 2 meter. Batangnya bulat dan di sepanjang batang ada bulu-bulu halus yang tidak menyakitkan ketika Anda pegang. Bunga ini tumbuh tegak dan kokoh menghadap ke arah sinar matahari langsung.
Bunga satu ini sebenarnya memiliki banyak kelopak besar berwarna kuning cerah. Sedangkan untuk kelopak kecilnya ada banyak sekali, hingga berjumlah ribuan. Yang lebih menarik adalah bunga ini memiliki biji bunga dengan kulit keras berwarna hitam. Biji ini sering digunakan untuk camilan.
Ada yang menarik dari bunga ini jika dibandingkan dengan bunga lainnya. Bunga ini akan menghadap arah sinar matahari. Bunga ini pun juga memiliki ukuran yang cukup lebar hingga diameter 30 cm. Akar bunga ini juga sangat kuat dan mampu memiliki panjang hingga 4 meter.

Habitat Bunga

Pekarangan yang akan Anda jadikan sebagai kebun bunga matahari pada dasarnya harus disesuaikan dengan habitatnya. Bunga ini harus tumbuh di tempat subur dan berhumus untuk bisa menjadi bunga yang sehat. Tanah yang subur akan membuat bunga lebih baik ketika tumbuh dan mekar.
Sebenarnya bunga ini akan lebih baik tumbuh di daerah dengan iklim subtropis. Namun jika Anda tinggal daerah dengan iklim tropis, maka daerah dataran tinggi akan lebih cocok. Sedangkan di daerah beriklim sedang, bunga ini akan tumbuh pada musim semi hingga gugur.
Karena itu jika Anda ingin menanam bunga ini dalam jumlah yang banyak, setidaknya sesuaikan kualitas tanahnya. Apalagi jika Anda tinggal di daerah perkotaan yang padat akan gedung-gedung tinggi dan berpolusi. Pertumbuhan bunga akan lebih lama dan bahkan tidak mampu bertahan.

Jenis Bunga

Sama seperti bunga lain, bunga matahari juga memiliki banyak jenis dari yang memiliki ukuran besar hingga kecil. Setiap jenis tentu memiliki bentuk dan karakter yang berbeda karena perbedaan gen. Misalnya ada bunga matahari yang memiliki kelopak bunga tidak berwarna kuning, melainkan berwarna merah.

Salah satu jenis bunga ini adalah jenis Big Smile, yaitu yang mungkin saja sering Anda lihat saat ini. Bunga ini memiliki puluhan kelopak kuning besar dengan bagian tengah terdapat banyak sekali biji. Bunga jenis ini sangat umum dijumpai karena paling mudah di tanah dan dibudidayakan.
Ada juga jenis bunga Teddy Bear yang bentuknya lebih unik daripada bunga lain. Bunga ini berbentuk seperti bola bulu di mana kelopak bunga tumbuh bulat. Bunga tidak mekar dengan bentuk bulat pipih, namun mekar bulat bola. Karena itu bunga ini diberikan nama seperti karakter terkenal.

Ada juga jenis bunga matahari yang sangat unik dan berbeda dari lainnya, yaitu jenis Velvet Queen. Bunga ini memiliki kelopak bunga berwarna merah beludru (red velvet). Bagian tengah bunga ini berbentuk setengah bulat. Jenis bunga ini adalah yang paling mudah dikenali karena warnanya tersebut.
Untuk bunga yang memiliki ukuran mini, ada jenis Cherry Rose di mana ukuran bunga mirip bunga-bunga di pinggir jalan. Bunga ini juga tidak memiliki kelopak warna kuning, melainkan merah salmon atau merah muda. Bagian tengah bunga atau kelopak kecilnya saja yang memiliki warna kuning.

Manfaat Bunga

Ketika Anda menanam bunga matahari, pasti ada sesuatu yang bisa Anda manfaatkan darinya. Baik itu Anda hanya untuk mengisi waktu luang karena Anda menyukai bunga ini, atau karena ada manfaat lain. Bunga ini sendiri sebenarnya bisa memberikan banyak manfaat jika Anda tanam.
Sebenarnya di Eropa, bunga ini ditanam untuk diambil minyaknya dan bijinya. Untuk mendapatkan 1 liter minyak membutuhkan sekitar 60 bunga matahari. Sedangkan bijinya sering dipakai untuk camilan atau Anda mengenalnya dengan kuaci. Anda bisa memanfaatkan bunga ini untuk beragam kebutuhan.

Pekarangan rumah yang tidak terisi memang sebaiknya ditanami dengan berbagai jenis bunga, terutama bunga satu ini. Apalagi setelah Anda mengetahui beragam manfaat yang bisa diberikan oleh bunga ini. Tentu saja menanam bunga matahari juga akan memberikan rasa senang, terutama ketika merawatnya.

Leave a Reply