Jenis Bunga Lili yang Cocok untuk Mempercantik Taman Anda

jenis bunga lili
Jenis bunga lili

 

Anda mungkin mengenal bunga lili dengan sebutan bunga Bakung. Bakung memiliki makna keindahan taman serta seringkali menjadi inspirasi bagi para pegiat seni. Karena tampilannya yang indah, beberapa orang juga memanfaatkannya sebagai penghias taman hunian mereka.

Ada banyak sekali jenis tipe bunga Bakung yang bisa Anda rawat di taman rumah. Beberapa jenis bunga Bakung ini bisa Anda jadikan referensi. Pilihlah beberapa jenis Bakung yang sesuai dengan ketertarikan Anda. Bakung mudah dirawat jadi Anda tidak perlu khawatir untuk merawat bunga Bakung.


Bakung Kuno Candidum

Bunga Bakung jenis Hibrida Candidum dikenal memiliki keindahan yang unik. Salah satu jenis bunga Candidum adalah Lili Madona. Lili Madona memiliki bentuk seperti terompet dengan lebar hingga 8 cm. Bunganya memiliki serbuk sari berwarna kuning. Keistimewaan dari Lili Madona adalah bunganya yang awet.

King Pete dan Black Out dari Asia

Bunga lili dari Asia bisa Anda pertimbangkan bila Anda ingin merawat bakung secara praktis. Jenis tanaman Asia akan paling mudah untuk dirawat serta bunganya bisa mekar hingga 1 bulan. Kebanyakan Bakung Asia memiliki batang lurus dan panjang serta bunganya mekar dengan menghadap atas. Bunga Bakung jenis ini disukai oleh hewan seperti Kelinci jadi Anda perlu berhati-hati.

Bunga Bakung Liar

bunga bakung liar
Bunga bakung liar

Divisi bakung ini memuat beberapa bunga Bakung yang asli tumbuh di beberapa daerah misalnya Asia, Eropa serta Amerika Utara. Kelemahan dari bunga jenis ini adalah karena menyebar lewat spora serta tumbuh liar, maka akan lebih sulit untuk dibudidayakan di kebun.

Bunga Bakung liar yang terkenal misalnya adalah jenis Auratum serta jenis Superbum. Untuk Bakung Auratum, aromanya khas dengan kesan manis serta pedas dengan bentuk bunga mirip mangkuk. Sedangkan Lili jenis Superbum memiliki tampilan cantik dengan warna oranye yang segar.

Bakung Interdivisional atau Campuran

Bunga Lili jenis ini merupakan persilangan antara Bakung Asia dengan Bakung Terompet. Hasilnya berupa Bakung yang berukuran besar, beraroma kuat serta kelopak menghadap atas. Salah satu contoh bunga Bakung hasil persilangan adalah Brindisi. Bunga ini berwarna pink serta wangi sehingga cocok bila Anda menyukai kesan lembut dan menenangkan.

Bakung dari Amerika

Hibrid Amerika berasal dari area Amerika Utara. Biasanya bunga akan mekar saat bulan Mei hingga Bulan Juni. Bunga juga mekar saat sudah memasuki cuaca dingin. Ciri khas dari Bakung Amerika ini adalah warnanya yang cerah dan terang.

Bunga Lili jenis Tiger memiliki kesan yang kuat serta terang. Motif dari Bakung Tiger adalah warna orange dengan disertai motif bintik hitam. Untuk Bakung Kanada, warna bunga lebih sedikit lebih terang yaitu cenderung oranye kekuningan serta ada bintik gelap di dalam kelopak. Setiap tangkai bakung bisa tumbuh sebanyak 20 bunga.

Bakung Martagon atau Bakung Turki

Ciri khas dari bakung Turki adalah kelopaknya yang mekar dan menghadap bawah. Daun yang dimiliki Bakung juga membentuk melingkar. Bunga Martagon dapat tumbuh sangat tinggi hingga mencapai 180 cm. Tanaman Bakung Turki juga tahan penyakit. Bila Anda memiliki taman dengan suasana teduh, maka bunga jenis ini lebih cocok.

Ada 2 jenis yang bisa Anda pertimbangkan untuk dirawat di taman rumah. Jenis Arabian Knight memiliki aroma yang wangi dengan motif keemasan yang elegan. Kelopak Arabian Knight memiliki motif bintik gelap. Selain itu jenis Martagon Album hampir mirip seperti Arabian Knight hanya saja bunganya tidak memiliki motif bintik.

Bunga Bakung Oriental

Bunga Lili oriental merupakan jenis bunga Bakung yang paling sering Anda temui. Ciri khas dari Bakung oriental adalah memiliki kelopak menghadap atas serta melengkung pada bagian ujung kelopak. Warna bunga bakung oriental biasanya berupa putih, pink, merah serta ungu.

Karena bunga ini memiliki aroma wangi, maka menjadi salah satu pilihan favorit florist. Salah satu jenis bunga Bakung oriental adalah jenis Casa Blanca. Warna kelopaknya berupa putih susu serta lengkungan ujung kelopak membuat bunga ini semakin anggun. Setiap tangkai bisa memuat maksimal 8 bunga.

Bakung Terompet Afrika

Bunga Lili yang satu ini memiliki ciri khas berupa bentuknya yang seperti terompet. Ciri khas lainnya adalah aromanya yang harum serta warnanya yang beragam. Bunganya tidak bermotif bintik serta biasa mekar pada rentang waktu Juli hingga Agustus. Bila Anda suka harum Bakung, salah satu jenis Bakung yang bisa Anda coba untuk rawat adalah African Queen.

Bunga Bakung Asia Timur

Biasanya bunga Bakung jenis ini ditemui di negara Jepang serta Taiwan. Bakung ini sering dipakai untuk dekorasi peringatan paskah. Warnanya putih serta memiliki bentuk layaknya terompet. Tanaman ini lebih cocok untuk dirawat dengan media pot dibandingkan dirawat di kebun.

Beberapa pilihan bunga Bakung di atas bisa Anda pilih untuk mempercantik taman di rumah. Dengan karakteristik yang berbeda-beda membuat Anda bisa menyesuaikan pilihan dengan keinginan. Anda bisa juga mengombinasikan beberapa jenis lili supaya taman Anda semakin semarak dan semakin wangi. Jadi, mana pilihan bunga Lili favorit Anda? Anda dapat memesan bunga lili online melalui FlowerAdvisor.

Leave a Reply