Apa Itu Hari Raya Natal?

Christmas Tree
Christmas Tree

 

Hari Raya Natal adalah sebuah festival untuk merayakan kelahiran Yesus Kristus menurut agama Kristen. Festival ini diadakan setiap tahun pada tanggal 25 Desember. Pada tahun 273 M, tanggal 25 Desember merupakan hari dimana penyembah berhala merayakan kelahiran matahari. Fakta itu membuat beberapa umat Kristen merasa tidak nyaman dengan tanggal tersebut, karena mereka berfikir perayaan Natal adalah pengaruh dari penyembah berhala itu. Namun, pada tahun 320 M, seorang teolog membuat sebuah pernyataan bahwa kita semua merayakan tanggal 25 Desember sebagai hari kelahiran Yesus karena kehendakNya.

Makna Di Balik Tradisi

Saat merayakan Hari Raya Natal, banyak sekali dekorasi yang bukan hanya sekedar hiasan namun mempunyai makna di baliknya. Berikut adalah beberapa tradisi menurut kepercayaan Kristen:

Warna merah pada saat Natal merupakan simbol untuk darah dan kematian Yesus Kristus.

Saat Natal, banyak sekali lilin yang dinyalakan dan ini menggambarkan bahwa Kristus adalah terang bagi dunia.

Christmas Candle
Christmas Candle

 

Kado melambangkan hadiah yang diberikan kepada bayi Kristus saat Dia lahir. Yang juga menjadi simbol perwujudan Yesus.

Pohon Cemara melambangkan hidup yang abadi, yang juga menggambarkan kehidupan Yesus yang abadi. Pohon ini pertama kali digunakan oleh Martin Luther di Gereja Reformasi.

Holly melambangkan duri di mahkota Kristus.

 

Tradisi Lainnya

Saat Natal, ada sebuah tradisi lama juga dimana semua pria di keluarga harus mengangkut kayu besar untuk menyimbolkan Yesus Kristus saat membawa SalibNya. Tradisi Kayu Yule ini mencerminkan kebersamaan, kehangatan dan juga kebahagiaan yang juga biasa kita rasakan saat merayakan Natal.

Mistletoe
Mistletoe

 

Daun mistletoe pertama kali di perkenalkan dan digunakan pada masa kerajaan Roma. Daun ini menyimbolkan pemulihan pertemanan yang rusak, dimana Kristus membuang semua hal yang buruk dan dapat merusak hubungan dengan memberikan kita kedamaian.

Tradisi Modern

Christmas Gifts
Christmas Gifts

 

Di jaman modern ini, kita semua merayakan Natal dengan sangat meriah. Biasanya, kita akan mulai mendekorasi rumah bahkan sebulan sebelum perayaan Natal. Tidak hanya itu, banyak sekali negara lain yang menempatkan pohon Natal besar di tempat-tempat ramai seperti mal.

Banyak sekali lampu hiasan yang juga di pasang di atas jalan, bahkan ada juga lampu yang berbentuk rusa di dekat tempat ramai. Toko-toko biasanya akan memasang diskon Natal untuk merayakan ini. Keluarga juga berkumpul bersama untuk bertukar kado, dan makan bersama pada malam Natal.

Leave a Reply