Valentine's Gift
Valentine’s Gift

Semua orang di seluruh negara pasti tahu dan merayakan Hari Valentine yang jatuh pada tanggal 14 Februari setiap tahunnya dengan pasangannya. Hari Valentine adalah hari dimana kamu memperlihatkan cinta dan apresiasi kepada orang yang kamu kasihi, dan tidak harus juga orang itu adalah pasanganmu. Tradisi ini sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu dan menjadi salah satu perayaan yang di nanti. Berikut adalah 5 fakta unik yang kamu tidak tahu tentang Hari Valentine.

Berasal Dari Perayaan Paganisme

Banyak orang menyatakan bahwa Hari Valentine adalah upaya untuk penganut agama Kristen untuk menggantikan perayaan pagan yang melibatkan darah, yang di lakukan untuk merayakan kesuburan pada masa abad ke 6 sebelum Masehi. Festival tersebut di panggil juga dengan nama Lupercalia, dimana pendeta Roma mengorbankan anjing dan kambing yang kemudian kulit yang berlumuran darahnya digunakan untuk memukul perempuan di jalanan.

 

Tradisi Cokelat

Cokelat
Cokelat

Kebiasaan memberi cokelat berawal pada abad ke 19. Richard Cadburry, pendiri perusahaan kakao dan cokelat, memulai tradisi ini untuk dijadikan cara agar mentega kakao dapat digunakan dengan baik. Sebelumnya, hanya orang-orang terkemuka dan kaya yang bisa menikmati cokelat, tapi Cadbury menemukan cara untuk memproduksi cokelat yang tidak mahal dan bisa dinikmati orang-orang tanpa harus merenggut uang banyak dari mereka.

 

Dewa Yunani – Cupid

Patung Cupid
Patung Cupid

Kita semua tahu bahwa Hari Valentine selalu berkaitan dengan bayi mungil lucu yang memiliki sayap, busur dan juga panah yang juga di kenal sebagai Cupid. Sebelum dia di panggil dengan nama Cupid, dia dulu di kenal sebagai Eros, dewa cinta Yunani. Eros menggunakan dua set panah yang di dedikasikan untuk cinta dan benci agar dia bisa memainkan perasaan orang-orang di sekitarnya.

Baca juga :

Sejarah dan Asal – Usul Mitologi Dewa Pemanah Cinta, Cupid

Cerita Tentang Santo Valentine

Tidak semua dari kita yang tahu siapa penemu sebenarnya dari Hari Valentine. Namanya adalah Santo Valentine, dia adalah salah satu orang yang berani melawan ideologi dari Kaisar Claudius II di masa kekuasaannya. Pada saat itu, Claudius melarang pernikahan untuk mencegah prajurit nya menjadi terganggu pikirannya. Santo Valentine tidak berfikir demikian, dia akan diam-diam menyelenggarakan pernikahan gelap untuk pasangan-pasangan muda sampai akhirnya dia ketahuan dan di tangkap. Oleh karena itu, dia di berikan hukuman mati pada tanggal 14 Februari. Sejak saat itu, pasangan muda akan datang ke penjaranya untuk memberikan kartu dan bunga.

 

Perayaan Dengan Cara Berbeda-beda

Kotak Cokelat
Kotak Cokelat

Setiap negara memiliki cara tersendiri dalam merayakan Hari Valentine, memberikan warna dan makna yang berbeda pada perayaan cinta ini.

  1. Amerika Latin

    Di sini, Valentine tidak hanya tentang pasangan, tapi juga tentang persahabatan. Selain pasangan yang bertukar bunga dan cokelat, hari ini juga diperingati sebagai momen untuk merayakan persahabatan.

  2. Jepang

    Tradisi unik mereka mengharuskan wanita untuk memberikan hadiah kepada pria pada 14 Februari. Sebulan kemudian, pada ‘Hari Putih’ (14 Maret), pria membalas dengan memberikan cokelat kepada wanita.

  3. Korea Selatan

    Mereka punya ‘Hari Hitam’ pada 14 April, di mana orang-orang yang tidak memiliki pasangan berkumpul untuk memakan makanan hitam dan mengenakan pakaian hitam, menandakan mereka masih single.

  4. Wales

    Di Wales, Hari Valentine dirayakan pada 25 Januari sebagai Hari Santes Dwynwen. Uniknya, mereka memberikan ‘lovespoons’, sendok kayu yang diukir indah dengan simbol-simbol cinta, sebagai tanda kasih sayang.

  5. Denmark

    Orang Denmark memiliki tradisi mengirimkan ‘lover’s cards’ dan ‘gaekkebrev’, yaitu pesan cinta anonim berupa puisi. Jika wanita dapat menebak pengirimnya, dia akan diberi hadiah telur Paskah.

  6. Filipina

    Di Filipina, Valentine menjadi momen populer untuk pernikahan massal. Banyak pasangan memilih untuk mengucap janji sehidup semati di acara yang diadakan pemerintah atau organisasi.

  7. Italia

    Valentine di Italia adalah saat untuk makan malam romantis. Mereka juga memiliki tradisi memberikan ‘baci perugina’, kotak cokelat dengan pesan cinta.

  8. Brazil

    Di sini, Valentine dirayakan pada 12 Juni sebagai ‘Dia dos Namorados’. Hari ini dipenuhi dengan festival dan pertukaran hadiah, mirip dengan tradisi Valentine lainnya.

Kekayaan tradisi ini menunjukkan bahwa perayaan Valentine bukan hanya sekedar memberi cokelat atau bunga, melainkan sebuah ekspresi cinta yang unik dan beragam di setiap negara.

Baca juga :

Mengenal Budaya Valentine Unik Di Setiap Negara

Tradisi Valentine Di Berbagai Negara Yang Unik Dan Menyenangkan

Share:

Aditya Wisnu

Pria Suka Menulis, Jago memberikan ide rekomendasi hadiah, namun bukan pria romantis di kehidupan aslinya..

Leave a Reply

× Diskon 10% Untuk Kado Special