5 Fakta Menarik Yang Kamu Tidak Tahu Tentang Hari Valentine

Valentine's Gift
Valentine’s Gift

Semua orang di seluruh negara pasti tahu dan merayakan Hari Valentine yang jatuh pada tanggal 14 Februari setiap tahunnya dengan pasangannya. Hari Valentine adalah hari dimana kamu memperlihatkan cinta dan apresiasi kepada orang yang kamu kasihi, dan tidak harus juga orang itu adalah pasanganmu. Tradisi ini sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu dan menjadi salah satu perayaan yang di nanti. Berikut adalah 5 fakta unik yang kamu tidak tahu tentang Hari Valentine.

Berasal Dari Perayaan Paganisme

Banyak orang menyatakan bahwa Hari Valentine adalah upaya untuk penganut agama Kristen untuk menggantikan perayaan pagan yang melibatkan darah, yang di lakukan untuk merayakan kesuburan pada masa abad ke 6 sebelum Masehi. Festival tersebut di panggil juga dengan nama Lupercalia, dimana pendeta Roma mengorbankan anjing dan kambing yang kemudian kulit yang berlumuran darahnya digunakan untuk memukul perempuan di jalanan.

 

Tradisi Cokelat

Cokelat
Cokelat

Kebiasaan memberi cokelat berawal pada abad ke 19. Richard Cadburry, pendiri perusahaan kakao dan cokelat, memulai tradisi ini untuk dijadikan cara agar mentega kakao dapat digunakan dengan baik. Sebelumnya, hanya orang-orang terkemuka dan kaya yang bisa menikmati cokelat, tapi Cadbury menemukan cara untuk memproduksi cokelat yang tidak mahal dan bisa dinikmati orang-orang tanpa harus merenggut uang banyak dari mereka.

 

Dewa Yunani – Cupid

Patung Cupid
Patung Cupid

Kita semua tahu bahwa Hari Valentine selalu berkaitan dengan bayi mungil lucu yang memiliki sayap, busur dan juga panah yang juga di kenal sebagai Cupid. Sebelum dia di panggil dengan nama Cupid, dia dulu di kenal sebagai Eros, dewa cinta Yunani. Eros menggunakan dua set panah yang di dedikasikan untuk cinta dan benci agar dia bisa memainkan perasaan orang-orang di sekitarnya.

 

Cerita Tentang Santo Valentine

Tidak semua dari kita yang tahu siapa penemu sebenarnya dari Hari Valentine. Namanya adalah Santo Valentine, dia adalah salah satu orang yang berani melawan ideologi dari Kaisar Claudius II di masa kekuasaannya. Pada saat itu, Claudius melarang pernikahan untuk mencegah prajurit nya menjadi terganggu pikirannya. Santo Valentine tidak berfikir demikian, dia akan diam-diam menyelenggarakan pernikahan gelap untuk pasangan-pasangan muda sampai akhirnya dia ketahuan dan di tangkap. Oleh karena itu, dia di berikan hukuman mati pada tanggal 14 Februari. Sejak saat itu, pasangan muda akan datang ke penjaranya untuk memberikan kartu dan bunga.

 

Perayaan Dengan Cara Berbeda-beda

Kotak Cokelat
Kotak Cokelat

Di negara seperti Amerika Latin, Hari Valentine lebih di kenal sebagai hari untuk para pasangan-pasangan atau hari cinta dan persahabatan. Walaupun lebih di kenal sebagai hari dimana pasangan cinta bertukaran hadiah seperti buket bunga dan cokelat, hari spesial ini juga adalah hari dimana semua orang merayakan cinta untuk sahabat mereka.

Namun, di Jepang, ada tradisi bahwa Hari Valentine adalah hari untuk perempuan memberikan hadiah untuk laki-laki sebagai pernyataan cinta mereka. Tidak hanya itu, di bulan berikutnya pada tanggal yang sama, laki-laki yang mendapatkan hadiah dari perempuan akan membalas dengan memberikan cokelat. Hari itu juga dikenal sebagai ‘Hari Putih’ yang jatuh pada tanggal Maret 14.

Dan uniknya lagi, ada hari yang dikenal sebagai ‘Hari Hitam’ yang juga lebih di rayakan di Korea yang jatuh di tanggal yang sama di bulan berikutnya yaitu 14 April. Pada hari ini, semua orang yang tidak memiliki pasangan akan pergi keluar untuk memakan makanan yang berwarna hitam dan juga memakai pakaian berwarna hitam.

Leave a Reply