Cara Membuat Bunga Papan Sederhana Namun Menarik

bunga papan

Anda ingin membuat karangan bunga papan sendiri di rumah tanpa ribet? Jika iya maka Anda berada di tempat yang tepat. Membuat karangan bunga berbentuk papan memang bisa dilakukan oleh siapa saja dan kapan saja. Apalagi ini bisa Anda biat ketika Anda memiliki waktu luang.

Karangan bunga berbentuk papan sebenarnya memiliki banyak kegunaan, mulai dari ucapan syukur, rasa bahagia, hingga ungkapan belasungkawa. Tentu saja selain ada karangan bunga, biasanya ada juga beberapa kata yang disematkan. Tujuannya untuk memberikan semangat kepada orang tertentu atau orang yang spesial.


Karangan bunga memang sudah banyak yang menyediakan dan saat ini sudah dijadikan sebagai ladang bisnis. Harganya juga cukup bervariasi tergantung ukuran dan jenis bunga yang dipakai. Karena itu, jika Anda memiliki waktu luang, lebih baik membuatnya sendiri. Lalu bagaimana cara membuat karangan bunga papan itu sendiri?

Siapkan Semua Keperluan

Langkah yang pertama harus Anda lakukan adalah dengan menyiapkan seluruh keperluan untuk membuat bunga papan Jakarta. Menyiapkan setiap keperluan ini sangat penting supaya bunga hias papan tersebut sempurna. Meskipun Anda hanya baru pertama kali membuat papan hias ini, namun tidak ada salahnya mencoba.

Biasanya, papan hias bunga ini membutuhkan beberapa media penting. Bunga sebagai media utamanya jelas Anda harus persiapkan. Anda bisa memilih satu jenis bunga atau beberapa jenis sesuai selera. Selain itu, Anda juga perlu rangka kayu, styrofoam, karpet, perekat, hingga tali.

Membuat Kerangka Kayu

Ketika ingin membuat papan bunga hias, terutama jika akan Anda berikan kepada acara spesial seseorang, maka setidaknya Anda memerlukan sebuah kerangka kayu. Tujuannya supaya ketika Anda tempel styrofoam dan dihias dengan bunga, papan tersebut tidak patah ataupun jatuh, sehingga berdiri.

Anda harus membuat setidaknya 3 kaki kayu yang bisa menopang bunga papan tersebut supaya berdiri. Kerangka tersebut juga sebaiknya sedikit tidur kebelakang supaya lebih kokoh. Untuk ukuran kerangka bisa Anda sesuaikan dengan selera Anda sendiri apakah menginginkan yang besar atau kecil.

Tutupi Kerangka dengan Styrofoam

Ketika kerangka sudah siap, maka tutup kerangka pada bagian depan dengan styrofoam supaya lebih mudah Anda menghiasnya. Biasanya akan lebih baik jika styrofoam tersebut Anda lapisi juga dengan karpet. Tujuannya supaya lebih terlihat rapi ketika dihias dengan berbagai jenis bunga.
Perlu Anda ingat bahwa membuat papan bunga ini membutuhkan styrofoam yang cukup lebar. Jadi sebaiknya styrofoam memiliki ukuran yang lebih lebar dari kerangka kayu. Ini supaya papan bunga yang Anda buat terlihat seperti buatan seorang yang sudah profesional dan nampak lebih berkesan.

Merangkai Bunga

bunga papan2
Sebelum Anda menutup kerangka kayu dengan styrofoam, maka lebih baik Anda merangkai bunga diatas meja. tujuannya supaya Anda lebih mudah merangkainya dan tentunya supaya ide kreatif lebih banyak. Selain itu, ini juga meminimalisir terjadinya kerusakan pada papan ketika Anda merangkainya dengan beberapa bunga.

Anda bisa merangkai ke setiap sisi styrofoam dengan bunga yang sudah Anda siapkan. Akan lebih baik jika ada berbagai jenis bunga dengan aneka warna. Misalnya Anda memilih bunga mawar, melati, krisan, dan bunga lili. Ini akan menjadi perpaduan jenis bunga yang sangat menarik.

Berikan Beberapa Kata

Bunga papan yang sudah Anda rangkai sebelumnya akan kurang spesial jika Anda tidak memberikan beberapa buah kata. Tujuannya untuk menyampaikan maksud dari karangan bunga tersebut. Anda bisa menggunakan papan bunga ini untuk beragam keperluan, dari acara dengan nuansa bahagia atau acara bernuansa duka cita.

Sebagai contoh, jika kerangka bunga tersebut akan Anda berikan kepada teman yang menikah, maka Anda bisa memberikan ucapan “selamat berbahagia” dengan ditambahkan nama dari pasangan tersebut. beberapa buah kata tersebut juga sebaginya memiliki warna yang berbeda dengan warna latar supaya lebih terlihat.

Pasang Kerangka

Setelah semuanya siap, maka langkah terakhir adalah memasang semua kerangka bunga dengan kerangka kayu. Ini khusus bagi yang sebelumnya ada merangkai bunga sebelum memasangnya. Jika Anda lebih suka memasang styrofoam ke kerangka kayu dan kemudian menghiasnya, langkah ini bisa Anda lewati.

Ketika Anda memasang hiasan tersebut, usahakan untuk seimbang antara kiri dan kanan. Ini bertujuan supaya kerangka bunga papan tidak berat sebelah. Selain itu, ketika Anda memasangnya, sebisa mungkin tidak merusak hiasan bunga. Anda tidak mau kan jika hiasan yang susah-susah dibuat kemudian rusak.

Bunga ini bisa Anda berikan kepada orang spesial, baik itu teman, sahabat, pacar, atau keluarga. Memberikan karangan papan bunga buatan sendiri jelas akan lebih berkesan. Apalagi jika Anda membuatnya dengan susah payah dengan meneteskan keringat.

Meskipun ini baru pertama kalinya Anda mencoba membuat karangan hias papan bunga, namun tidak ada salahnya mencoba. Apalagi jika disekitar rumah Anda memiliki beberapa jenis bunga yang tumbuh. Dijamin kegiatan membuat bunga papan sendiri ini akan jauh lebih menyenangkan.

Leave a Reply