Bunga Tulip
Bunga Tulip

Bunga Tulip yang diketahui berasal dari Negara Belanda, Walau kenyataannya bunga tulip ini berasal dari Turki yang ditemukan pertama kali oleh Turki Usmani memiliki bentuk kelopak unik yang memberikan daya Tarik tersendiri bagi para pecinta bunga. Dikagumi dari hampir semua kalangan, Wanita, Pria, Tua, Muda. Bunga yang memiliki tinggi antara 10 – 70 cm ini memiliki daun berlilin dan terlihat mengkilap. Yuk simak bersama – sama semua hal tentang bunga tulip ini!

Asal Bunga Tulip

Asal Bunga Tulip
Asal Bunga Tulip

Sejauh ini, orang memandang bunga tulip datang dari Negeri Oranye. Belanda. Tetapi rupanya, bunga tulip pertama kalinya ada di tanah Turki, sebelumnya bunga tulip tumbuh liar di teritori Asia tengah dan Asia Barat. Karena terpikat pada keelokan dan kesempurnaan bunga tulip Dinasti Ottoman Turki mulai membudidayakan bunga tulip. Baru selanjutnya di era 16 M, Belanda mengenali tulip sesudah salah seorang perwakilan Turki bawa bibit bunga cantik ini ke situ.

Kata “tulip” datang dari Bahasa Turki yang maknanya “serban”, seperti kain yang dililit untuk tutupi kepala. Dan orang Eropa menyebutkan Tulip sebagai dulband bahasa Persia untuk serban. Tidak dikenali kapan tepatnya negara Kincir Agin itu mulai membudidayakan bunga tulip, tetapi disebut bunga tulip mulai dibawa ke Belanda pada sekitaran tahun 1550-an oleh beberapa kapal dari Istanbul. Dari situ orang belanda banyak sekali yang membudidayakan bunga tulip, sehingga Belanda terkenal dengan sebutan “Negara Bunga Tulip”

Beberapa negara di penjuru dunia ada yang memutuskan bunga tertentu sebagai simbol atau lambang khas dari bangsa itu. Selanjutnya, bunga itu pada akhirnya dijadikan sebagai bunga nasional atau flora berdasarkan lambang dari negara tersebut. Begitupun dengan bunga tulip. Bunga tulip mempunyai nama latin yakni Tulipa.

Baca Juga : Cara Menanam Bunga Tulip

Apa Arti dan Makna Bunga Tulip?

 

Tulip adalah bunga yang melambangkan keindahan dan kesempurnaan. Bunga ini berasal dari Turki dan memiliki beragam makna, termasuk cinta dan pengampunan. Namun ada beberapa arti lainnya yang bisa kamu ketahui juga lho, seperti :

  • Kesempurnaan dan Cinta

Ini berlaku untuk pasangan yang sedang merasa jatuh cinta satu sama lain supaya saling memiliki rasa kesempurnaan dan cinta bagi sesamaTidak hanya untuk sebuah pasangan sejoli sajatetapi arti bunga tulip bisa disampaikan bagi keluarga supaya selalu serasi di dalam lingkungan keluarganya.

  • Penghargaan Dan Sebagai Hadiah Khusus

Pada intinya tiap orang yang sukses memperoleh apa yang dicitacitakan umumnyadari kawanteman dekatdan keluarga pasti akan memberi bunga ini sebagai bentuk ikut bersuka cita dan memberi ucapan selamat.

  • Kelimpahan dan Kemakmuran

Ada yang memperoleh rejeki berlebihan dan memberi beberapa rejekinya untuk bersedekah ke orang yang kurang sanggupKemungkinan bunga tulip menjadi aspek seorang memperoleh kemakmuran ituNamun itu cuma untuk sebagai peruntungan atau penghubung saja.

Apa Makna Lukisan Bunga Tulip?

Lukisan bunga tulip sering menggambarkan keindahan alam dan simbolisme emosional. Mereka bisa mencerminkan cinta, kebahagiaan, atau bahkan kehidupan yang singkat. Makna tepatnya tergantung pada konteks dan artistiknya.

Ciri Bunga Tulip

Ciri Bunga Tulip
Ciri Bunga Tulip

Pada umumnyabunga tulip akan mekar di awal bulan Maret sampai AprilCiri-ciri paling menonjol dari bunga tulip ialah daunnya yang tutup ke atas dan posisinya dekat dengan mahkota bungaserta mempunyai tipe berwarnawarnadan mempunyai 6 lembar mahkota bunga.

Tiap bunga sebenarnya mempunyai arti dan makna tertentudisamping ditujukan sebagai tanaman hiasIni berlaku pada bunga tulipBunga yang mempunyai ciri-ciri fisik kelopak berupa lonjong seperti telur ini rupanya banyak yang mengaguminyaMulai dari priawanitamudadan tuanyaris keseluruhnya orang menyenangi bunga yang ini.

Filosofi Bunga Tulip

Orang Belanda, yang mempopulerkan bunga tulip pada era ke-17 lalu, melihat filosofi bunga tulip sebagai pengingat kehidupan seseorang. Sementara itu, filosofi hubungan bunga tulip dengan cinta dan nafsu berkembang khususnya pada era ke-20 dan 21. Namun, hal tersebut tidak mempengaruhi dari kemampuan simbolisme dibalik bunga indah ini.

Simbol dan Lambang Tiap Warna Bunga Tulip

Simbol Bunga Tulip melambangkan keindahan, kemurnian, dan cinta. Warna-warnanya juga memiliki makna khusus; contohnya, merah melambangkan cinta yang kuat, kuning adalah persahabatan, dan putih mewakili kesucian. Maka dari itu dari segi sifat, bunga tulip dapat melambangkan keindahan, kemurnian, cinta, dan kehidupan yang singkatberikut berbagai jenis warna bunga tulip di Indonesia :

Tulip Putih

Tulip Putih
Tulip Putih

Arti Bunga tulip Putih memiliki arti Kesucian, Kepolosan, dan Kerendahan Hati, cocok digunakan sebagai ucapan Permintaan Maaf, atau untuk menunjukkan rasa simpati atas meninggalnya seseorang, dan bisa juga digunakan pada acara Pernikahan.

Tulip putih sendiri bukan hanya mewakili cinta tetapi juga mewakili gairah. Sebagai perbandingan, tulip kuning menunjukkan bahwa anda sangat mencintai yang lain. Tulip merupakan signal musim semi dan Belanda. Tulip liar pertama kali datang ke Negara eropa pada 1559,

Tulip putih juga dikaitkan dengan kata kemenangan. Arti lain dari tulip putih adalah pengampunan, jika anda memberikan tulip putih kepada orang lain ditengah-tengah masalah, itu bisa juga melambangkan bahwa anda menyesal.

Lambang Kesucian dan Kerendahan Hari Spesial Bunga Tulip Putih, Kamu bisa order Klik Disini.!

Tulip putih pada umumnya adalah bunga nasional turki, yang mewakili kekaisaran Turki karena diyakini bunga tersebut berasal dari sana, memiliki racun yang tidak mematikan, Ditafsir oleh Victoria memiliki arti pengampunan dan mata indah. Biasa mekar sebagai mid-bloomers / mekar sekitar bulan Mei, terlambat berbunga pada bulan Juni, terlalu cepat berbunga pada bulan April.

Tulip Merah

Tulip Merah
Tulip Merah

Arti Bunga Tulip merah melambangkan cinta yang sangat dalam, cocok digunakan untuk mengungkapkan isi hati kepada seseorang yang anda cintai. Di Persia, ketika seseorang memberikan bunga tulip merah, berarti mereka siap menyatakan cinta. Titik hitam yang ada pada tulip merah dijelaskan mewakili jantung kekasih, yang terbakar gairah ibarat batubara yang menyala.

Simbol bunga tulip merah yang datang dari satu legenda bernama pangeran Farhad yang jatuh cinta terhadap seorang gadis bernama Shirin. Ketika pangeran Farhad mengetahui bahwa Shirin telah meninggal dunia, betapa terpukulnya dia, sehingga ia memutuskan untuk bunuh diri dengan terjun ke jurang.

Khusus pilihan Tulip merah kamu bisa memesan nya Klik Disini.!

Dari maknanya, tidak heran jika bunga tulip merah banyak diberikan kepada pasangan, baik dalam bentuk buket bunga, maupun per tangkai, bunga tulip pun bisa dijadikan hiasan biasa untuk mengagumi kesederhanaan bunganya.

Tulip Orange

Arti bunga tulip orange Melambangkan sebuah kebahagiaan dan Kehangatan, Juga Optimisme akan hadirnya suatu keberuntungan. Selain itu, warna orange juga melambangkan kepercayaan, kepuasan dan semangat yang kuat untuk hidup. Bunga berwarna orange akan mengingatkan kita pada hal ceria, energik, dan juga keantusiasan.

Menurut riset, warna oranye dikatakan dapat membantu merangsang aktivitas mental dan mempengaruhi kegiatan social. Bunga berwarna oranye memberikan kesan anggun lebih pada situasi apapun.

Tulip Kuning

Arti dan makna bunga tulip kuning Melambangkan persahabatan dan keceriaan, Bisa dijadikan sebagai hadiah kelulusan untuk sahabat / teman. Jika anda menerima buket bunga tulip kuning dari pasangan atau orang yang anda suka, arti dair bunga tulip kuning berubah menjadi sebuah penolakan cinta.

Tulip Ungu

Tulip Ungu
Tulip Ungu

Warna ungu selalu terkesan high class. Dicerita Hamlet, drama kalangan William Shakespeare, warna tersebut banyak digunakan sebagai simbol kebangsawanan. Terlihat dari warna elegan dan kesannya yang mahal, sama seperti bunga tulip ungu yang melambangkan Royalti dan kesempurnaan. Dari segi arti, jika anda memberikan tulip ungu terhadap wanita belanda, maka mereka akan berpikir anda menyukai mereka sejak pertama bertemu.

Tulip Pink

Arti Bunga Tulip Pink Melambangkan penghargaan dan harapan yang baik. Di Belanda, setiap pertandingan olahraga, kalung bunga yang d iberikan kepada pemenang adalah rangkaian berisi tulip merah muda, sebagai ungkapan penghargaan atas kemenangan yang telah diraih. Terkadang juga digunakan sebagai buket bunga sang pengantin wanita, sebagai doa dan harapan yang baik di masa depan.

Tulip Warna Biru

Bunga Tulip berwarna Biru Merupakan varian dari tulip putih, arti dari bunga ini melambangkan tenang dan damai, di Negara eropa, kebiasaan para suami memberikan tulip biru kepada pasangan setelah bertengkar, untuk menunjukkan bahwa sang suami sudah mengakui kesalahan dan ingin berdamai.

Tulip Hitam

Bunga Tulip Hitam
Bunga Tulip Hitam

Bunga Tulip Hitam melambangkan kekuatan dari diri seseorang. Warna misterius dan elegan mereka seolah memberikan pesan bahwa jenis ini memang yang paling special diantara lainnya.

Fakta Menarik : Bunga Tulip Hitam merupakan jenis bunga tulip langka yang dicari di dunia ini

Jenis Bunga Tulip

Tulip Putih
Tulip Putih

Selain memiliki warna yang beragam dan berbagai fakta bunga tulip, bunga tulip juga memiliki banyak hal-hal menakjubkan lainnya, berikut contoh-contohnya:

Tulip Single Early

Tulip jenis ini umumnya berbunga pada awal April, merupakan salah satu jenis keturunan dari tulip jenis Duke Van Thol, memiliki bentuk fisik yang cenderung pendek, hanya sekitar 20 – 30 cm saja. varian tulip single early adalah Apricot Beauty dan Christmas Dream.

Double Early

Bunga tulip jenis ini tergolong kuat dan tahan lama, juga punya batang tanaman yang sangat kuat, berbunga pada awal bulan April. Diketahui sebagai jenis tulip keturunan dari Murillo yang dikenal punya kelopak bunga warna putih dari 120 kultivar. Jenis varian double early adalah Peach Blossom dan Monte Carlo

Kaufmaniana

Jenis tulip ini dikembangkan dari spesies Tulipa Kauffmanniana yang asalnya dari Turkestan, umumnya berbunga pada saat awal di daerah tertentu seperti Washington D.C, dan terkadang sudah mulai berbunga sejak awal Bulan Maret. Memiliki batang pendek dan hanya tumbuh pada ketinggian 10 – 20cm saja, bunganya akan terbuka lebar dibawah sinar matahari, jika dilihat sekilas, tulip ini menyerupai bintang segi enam.

Fosteriana

Jenis Tulip dari kelompok berbunga lebih awal dan mudah berkembang biak, merupakan hasil persilangan antara jenis tulip yang kebanyakan berasal dari daerah asia tengah, sama dengan jenis tulip berbunga awal lain, jenis ini juga akan berbunga pada awal April, tinggi tanaman mencapai 25 – 51 cm. Contoh dari jenis Fosteriana ini adalah Purissima yang memiliki kelopak warna putih, dan Sweatheart dengan warna kelopak kuning dan tepian putih yang indah.

Tulip Berbunga Agak Lambat

Tulip Triumph merupakan persilangan antara Single Early dengan tulip lain yang Slow Growth. Berbentuk bulat telur yang memang menjadi ciri khas bunga tulip. Jenis triumph ini dikatakan mampu bertahan pada kondisi cuaca yang buruk, banyak juga yang memanfaatkan jenis ini sebagai bunga potong karena memiliki batang yang kuat.

Memiliki tinggi 25 – 41cm, biasa mekar pada pertengahan April. Memiliki banyak warna, diantaranya Negrita dengan kelopak Ungu, Kess Nelis dengan warna campuran merah dan kuning, White Dream berwarna Putih, Prominance berwarna Merah, Cairo dengan warna coklat, Serta Zurel campuran antara ungu dan putih. Lalu ada jenis Gavota dengan warna merah tua dan pinggiran kuning. Juga ada jenis tulip ini yang dinamai dengan kota Indonesia, yaitu tulip Makassar dengan kelopak warna kuning.

Darwin Hybrid

Dikenal selepas perang dunia ke 2, Hasil persilangan antara fosteriana, namun yang berukuran besar dengan tulip Dawin. Memiliki bunga yang lebih besar dibanding yang lain, karena kelebihannya tersebut, maka jenis ini banyak digunakan untuk hiasan taman bunga, atau terkadang digunakan sebagai bunga potong sehingga diproduksi besar-besaran. Tulip ini juga dikenal sangat tahan dari ancaman berbagai virus tanaman. Waktu berbunga antara pertengahan April, memiliki sedikit variasi warna, diantaranya Pink Impression dengan warna merah jambu, dan Apeldoorn serta Oxford dengan warna Merah.

Keturunan dari Apeldoorn dan Oxford ada jenis Golden Oxford dengan warna kelopak kuning tua, jenis Blushing Apeldoorn dengan warna orang kekuningan, serta Oxford Elite dengan warna Orange namun pinggiran Kuning.

Taman Bunga Tulip

Bagi kalian pecinta bunga yang ingin melihat keindahan bunga tulip. Spot taman bunga tulip menjadi salah satu favorit untuk menikmati keindahan bunga tersebut. Tidak hanya di Belanda, namun taman bunga tulip juga ada di Indonesia lho. Eits, sebelum kesitu yuk simak berbagai tempat taman bunga tulip berikut ini :

Taman Bunga Tulip di Belanda

Taman Bunga Tulip di Belanda
Taman Bunga Tulip di Belanda

Sudah bukan rahasia kembali bila Belanda sebagai tempat gudangnya keindahan taman bunga Tulip. Salah satunya taman bunga Tulip di Belanda yang populer ialah Keukenhof Garden. Sebetulnya ditaman bunga ini tidak cuman ada bunga Tulip saja tetapi ada beragam tipe flora yang lain, yang cocok dinikmati oleh pasangan dan juga keluarga

Tetapi memang Keukenhof Garden ini dikenali sebagai taman bunga Tulip paling besar di dunia. Hingga tidaklah aneh masuk ke 10 taman bunga Tulip dari penjuru dunia. Di Tempat ini populer dengan Keukenhof Tulips Festival yang diadakan tiap bulan April – Mei. Dibulan berikut anda akan dimanja dengan bentangan bunga Tulip yang cantik serta menjadi tempat foto yang sangat cocok diabadikan bersama – sama

Taman Bunga Tulip di Turki

Taman-Bunga-Tulip-Di-Turki
Taman Bunga Tulip Di-Turki

Ada sebuah taman di Istanbul, di mana bunga Tulip jadi ciri-ciri uniknya. Taman ini ialah Taman Emirgan. Taman Emirgan ialah taman urban historis yang berada di lingkungan Emirgan di area Sariyer di Istanbul, Turki, di pantai Eropa Bosphorus. Ini adalah taman bunga tulip umum paling besar di Istanbul. Dengan bahasa Turki Taman Emirgan bisa disebut juga sebagai Emirgan Korusu. Taman ini populer dengan koleksi tulipnya yang indah dan berjumlah banyak, yang bisa dilihat secara meriah setiap bulan April sepanjang Festival Tulip Istanbul. Taman ini bisa juga disebutkan Taman Tulip Emirgan, karena banyak bunga tulip yang tumbuh di taman ini.

Berapa Harga Buket Bunga Tulip di Indonesia?

Flower Advisor Menyediakan Bunga Tulip
Flower Advisor Menyediakan Bunga Tulip

Harga Bunga Tulip di Indonesia memiliki beberapa varian harga, mulai dari Rp 20.000 – Rp.1.000.000 tergantung dari hiasan maupun keaslian dan ketahanan dari tulip itu sendiri. Namun sebagai toko bunga terbaik dan favorit di Indonesia, Flower Advisor memberikan pilihan berbagai macam buket bunga tulip yang bisa dijadikan kado maupun hadiah untuk orang kesayanganmu. Kamu bisa lihat katalognya dengan klik tombol di bawah ini.

Pilih warna sesuai filosofi yang kamu inginkan, lihat beberapa list warna bunga tulip KLIK DISINI.!

Kesimpulan

Bunga Tulip yang memiliki bentuk indah dan banyak varian, akan memberikan kesan elegan dan indah dipandang juga diberikan kepada teman, sahabat, keluarga, dan orang terkasih lainnya.

Sudahkah anda memberikan Bunga kepada mereka?

Share:

Aditya Wisnu

Pria Suka Menulis, Jago memberikan ide rekomendasi hadiah, namun bukan pria romantis di kehidupan aslinya..

Leave a Reply

× Diskon 10% Untuk Kado Special