Inspirasi Bunga Sedap Malam dengan Ragam Fungsinya

Bunga Sedap Malam
Bunga Sedap Malam

Nama bunga sedap malam terdengar familiar bagi banyak orang. Memang tanaman hias yang satu ini sudah sejak lama dimanfaatkan untuk berbagai banyak hal. Bunganya mempunyai wangi yang khas. Wangi yang dihasilkan sangat unik dan tidak dapat ditemukan di berbagai jenis tanaman hias lainnya. 

Tanaman hias tersebut dikenal berasal dari Meksiko. Kemudian berkembang di kawasan Asia salah satunya Indonesia. Kelopaknya terbagi ke dalam dua warna khas. Seperti warna putih dan ungu. Salah satu daya tarik tanaman hias bernama Polianthes tuberosa tersebut adalah waktu mekarnya yang terjadi pada malam hari. 

Tidak hanya perihal waktu mekarnya saja. Aroma polianthes tuberosa tercium pada malam hari. Oleh karena itu kebanyakan orang suka menyebutnya sebagai bunga sedap malam. Berkat ciri khas keharumannya banyak produsen minyak wangi yang menjadikannya sebagai bahan dasar pembuatan parfum. Penasaran seperti apa fungsinya dalam kehidupan sehari-hari? 

 

1. Polianthes tuberosa untuk Pesta Pernikahan

Salah satu inspirasi bunga Polianthes tuberosa adalah untuk pesta pernikahan. Ya, umumnya pesta pernikahan erat dengan dekorasi bunga. Bahkan acara pernikahan dicitrakan dengan harumnya wewangian yang dihasilkan bunga. Biasanya bunga yang digunakan untuk mendukungan hiasan pesta pernikahan yaitu tanaman asli dan sintetis alias buatan manusia.

Bunga sedap malam menjadi salah satu di antara pilihannya. Mengapa Polianthes tuberosa dipilih sebagai tambahan hiasan pesta pernikahan? Hal ini lantaran bunga tersebut memiliki bentuk yang cantik. Batangnya memanjang sehingga mudah dirangkai sebagai hiasan ruangan. Sementara itu bentuk bunganya sendiri unik layaknya kuncup kembang melati umumnya.

Saat sudah mekar bentuk bunga cenderung memiliki banyak helai. Bentuk bunga yang unik dapat dipadukan dengan variasi tanaman hias lainnya. Selain itu saat mekar di malam hari wangi bunga akan semerbak menghiasi ruangan pesta. Lebih-lebih warna bunganya tampak putih cerah. Warna putih tersebut cocok dikombinasikan. 

 

2. Bunga Sedap Malam untuk Buket Pengantin

Bunga Sedap Malam
Bunga Sedap Malam

Bunga Polianthes tuberosa juga dapat dimanfaatkan untuk buket pengantin. Tidak hanya lazim digunakan sebagai penghias ruangan pesta pernikahan semata. Bunga Polianthes ini sudah sering digunakan di acara pernikahan. Buket merupakan bunga yang dirangkai dan diikat menjadi satu. Kemudian ikatan tangkainya ditambahkan kertas pembungkus dan pita. 

Buket juga diartikan sebagai bunga pegangan pengantin. Buket bunga ini juga dipakai dalam serangkaian pesta pernikahan. Pada pesta pengantin buket bunga dilemparkan dari tangan pengantin. Sementara orang yang dapat menangkap buket tersebut dipercaya akan mendapatkan keberuntungan. Misalnya cepat mendapatkan pasangan layaknya pengantin yang melempar buket tersebut. 

Salah satu alasan mengapa bunga sedap malam cocok untuk buket pengantin yaitu tampilannya. Jika dilihat bunga tersebut tampak seperti tangkai yang ditumbuhi kelopak. Alasan lain mengapa Polianthes tuberosa cocok untuk buket pengantin lantaran warnanya kelopaknya yang serba putih. Warna tersebut memberikan kesan netral untuk pernikahan. 

 

3. Polianthes tuberosa untuk Hiasan Kantor

Tahukah Anda Polianthes tuberosa juga cocok dimanfaatkan untuk menghiasi ruangan kantor. Ruangan kerja menjadi tempat yang digunakan untuk mengerjakan pekerjaan kantor. Ruangan tersebut identik dengan rak yang tinggi dan memanjang. Sementara itu di beberapa sisi terdapat jendela yang digunakan sebagai ventilasi agar udara segar masuk. 

Namun, ruangan tersebut kurang segar tanpa hadirnya tanaman hias. Memang saat ini bermunculan tanaman hias dengan variasi harga yang berbeda-beda. Mulai dari tanaman hias yang dominan dengan daunnya. Sampai tanaman hias yang unik layaknya bunga sedap malam. Bentuknya dapat menyegarkan mata saat bosan dengan pekerjaan. 

Selain bentuknya yang cantik dan dapat digunakan sebagai penghias ruangan. Bunga Polianthes tuberosa akan mengeluarkan wewangian yang khas. Bau harum tersebut dapat dimanfaatkan untuk membuat ruangan kantor tetap wangi sepanjang hari. Anda tidak perlu menghiasi ruangan dengan pengharum buatan karena wewangian alami tersebut tahan lama.

 

4. Bunga Sedap Malam untuk Hiasan Rumah

Bunga Sedap Malam
Bunga Sedap Malam

Satu lagi inspirasi dari bunga Polianthes tuberosa adalah untuk menghiasan rumah Anda. Sama halnya dengan kantor ternyata rumah juga memiliki peran yang penting. Rumah menjadi tempat istirahat yang nyaman. Untuk menambah kenyamanannya Anda dapat menambahkan bunga di beberapa sisi ruangan seperti dekat jendela. 

Bunga Polianthes tuberosa cocok dijadikan hiasan di dalam ruangan. Meski sudah dipetik namun bunganya tidak mudah layu. Apalagi saat diletakkan di sebuah ruangan rumah. Warna putih yang terkesan netral membuat Anda lebih mudah memadukannya dengan perabotan lainnya. Bahkan Anda tidak sulit merangkainya dengan bunga krisan. 

Agar bunga tetap dalam keadaan segar di dalam ruangan rumah sebaiknya letakkan di dekat ventilasi. Misalnya jendela ruangan maupun dekat ruang tamu. Karakter yang menonjol pada bunga Polianthes tuberosa memberikan kesan hidup dan berwarna sebuah ruangan tamu. Anda juga dapat meletakannya di ruangan kamar pribadi.

Pada dasarnya Polianthes tuberosa dapat dikreasikan di setiap ruangan. Termasuk ruangan kantor maupun rumah. Warnanya yang netral dan bersih menjadi daya tarik tersendiri. Kini memesan buket bunga tersebut lebih mudah dengan cara online. Karena itu pastikan Anda memilih layanan pengiriman bunga sedap malam yang tepat.

Leave a Reply