Kegunaan Karangan Bunga Papan untuk Berbagai Keperluan

Bunga papan
Bunga papan

Seringkali kita melihat bunga papan ketika peringatan tertentu atau pada sebuah acara tertentu. Bentuknya yang besar sangat memudahkan kita untuk mengenali rangkaian bunga dengan papan. Jenis rangkaian yang satu ini cukup banyak dipakai hingga saat ini untuk berbagai macam keperluan atau acara.

Biasanya kita mengirimkan bunga dengan makna tertentu kepada si penerima. Bisa berupa kesan perasaan, ucapan selamat, ikut berduka dan beberapa penyampaian pesan lainnya. Setiap bunga mewakili suatu lambang atau makna tertentu. Sehingga pemilihan bunga pun berpengaruh terhadap pesan yang diberikan.

Bunga papan menjadi salah satu cara yang masih banyak dipakai oleh sebagian besar orang untuk menyampaikan pesan. Bisa berupa kepedulian atau bisa juga menyampaikan pesan apresiasi kepada keluarga maupun rekan. Biasanya bunga karangan besar dikirimkan di acara resmi dan besar.

Contoh acara tersebut misalnya seperti peresmian, pernikahan maupun juga untuk peringatan musibah dan duka. Hingga kini bunga dekorasi papan masih tetap digunakan oleh berbagai kalangan untuk menyampaikan pesan. Selain menyampaikan pesan, ada juga beberapa kegunaan dari bunga karangan papan.

 

1. Memberikan Dukungan kepada Penerima

Bunga papan duka cita
Bunga papan duka cita

Seperti yang kita ketahui pada umumnya, bunga papan berfungsi sebagai pemberi pesan kepada si penerima. Pengirim bisa memberikan pesan dan ucapan selamat atas pembukaan tempat baru. Misalnya tempat usaha, kantor baru, pernikahan, pesta ulang tahun dan beberapa perayaan lainnya.

Selain itu karangan bunga papan juga bisa dikirim untuk mengucapkan duka atau berbelasungkawa atas terjadinya kedukaan atau musibah. Ketika rekan atau keluarga Anda mengalami musibah, maka Anda bisa menunjukkan rasa bela sungkawa dengan mengirimkan bunga rangkaian papan. Dari pemberian ini, Anda bisa menyampaikan empati serta kepedulian.

Penerima rangkaian bunga pasti menerima dukungan dari pesan yang Anda sampaikan melalui bunga rangkaian papan. Ucapan yang dituliskan di papan juga bisa mengartikan bahwa Anda memiliki jalinan relasi yang dekat dan berharap relasi tersebut tetap berlangsung selepas kejadian tersebut berlangsung baik kejadian perayaan maupun kejadian duka.

Bila mengirimkan bunga papan baik untuk dukungan selamat atau ucapan turut berduka, berarti Anda telah menunjukkan dukungan kepada orang tersebut. Anda juga menyampaikan bahwa orang yang menerima rangkaian bunga tersebut adalah sosok yang berarti. Kiriman bunga ini bisa mencerminkan dukungan serta eratnya hubungan kedua pihak.

 

2. Untuk Media Promosi

Bunga papan promosi
Bunga papan promosi

Ketika kita melihat bentuk karangan bunga dalam papan, seringkali kita melihat tidak hanya pesan yang disampaikan. Anda akan melihat identitas pengirim baik dalam nama pribadi maupun atas nama lembaga atau perusahaan. Dari sinilah tercermin nama baik dari pengirim karangan entah dalam bentuk perorangan maupun instansi.

Melalui pengiriman bunga papan, maka orang-orang lain akan tertarik untuk melihat ucapan tersebut. Tanpa sadar, ketika Anda mencantumkan identitas pengirim berarti sudah mempromosikan nama dari pihak pengirim. Pihak pengirim pun lebih dikenal oleh orang-orang yang hadir dalam acara tersebut.

Dengan demikian secara tidak langsung orang lain yang melihat karangan bunga tersebut dapat menyimpulkan bahwa seberapa jauh relasi pengirim karangan dengan si penerima. Orang-orang juga dapat berasumsi mengenai citra si pengirim karangan. Misalnya ketika mengirimkan karangan dalam situasi berduka, maka si pengirim akan dikenal memiliki empati tinggi.

Demikian juga ketika Anda mengirimkan karangan bunga dalam acara-acara bahagia, seperti peluncuran produk baru, pembukaan cabang bisnis baru dan lainnya. Anda akan membangun kesan kepada orang-orang lain yaitu mudah bergaul, ramah serta ikut berbahagia dengan si penerima. Tanpa sadar Anda mempromosikan pengirim karangan untuk lebih terkenal.

 

3. Membangun Citra Diri yang Baik

Bunga papan pernikahan
Bunga papan pernikahan

Sebetulnya hampir sama dengan kegunaan sebelumnya, jika sudah dikenal otomatis orang-orang lain akan memberikan persepsi atau citra diri terhadap diri si pengirim. Orang-orang bisa memberikan persepsi terkait pesan di karangan bunga. Dari sini nama pribadi atau nama instansi pengirim membangun citra positif.

Melalui kiriman bunga papan, instansi atau pihak pribadi bisa dilihat oleh pihak lain sebagai sosok yang positif dan selalu mendukung. Bisa juga memberikan kesan yang memiliki empati serta peduli dengan posisi orang lain. Dengan begitu orang-orang akan memiliki citra baik kepada si pengirim.

Secara tidak langsung, bila yang mengirimkan karangan bunga adalah suatu instansi maka otomatis membangun nama baik mereka. Brand atau produk instansi tersebut akan lebih dikenal sehingga berpengaruh juga akan keberlangsungan bisnis mereka. Oleh karena itu banyak instansi yang sering mengirimkan karangan bunga.

Cara-cara tersebut juga bisa dilakukan secara individu bila ingin membangun citra positif. Orang-orang akan memaknai diri si pengirim sebagai pribadi yang peduli serta memiliki hubungan kekerabatan yang cukup erat dengan si penerima. Itulah mengapa kiriman bunga ini bisa menjadi bentuk kepedulian kita pada orang lain.

Bunga karangan papan tidak hanya bermakna sebagai pemberian simbolis juga. Namun ada banyak makna di baliknya sehingga orang lain pun tahu dan bisa membangun persepsi dari citra si pengirim. Bangun citra diri serta sampaikan kepedulian dan dukungan Anda kepada orang terkasih melalui kiriman bunga papan.

 

Leave a Reply