Bunga Duka Cita, Inilah Bunga yang Paling Cocok Dipakai

Bunga Duka Cita, Inilah Bunga yang Paling Cocok DipakaiBunga memang menjadi sebuah benda yang sangat fenomenal dengan kegunaan beragam dari sukacita hingga untuk bunga duka cita. Di masyarakat sendiri kegunaan bunga memang sangat bergam dan tidak hanya untuk kepentingan dekorasi. Sifat fleksibel bunga inilah yang membuatnya banyak diminati.

Bagi sebagian orang, memberikan karangan bunga untuk ungkapan belasungkawa adalah salah satu cara. Selain karangan ini bisa mewakili perasaan pemberi, namun juga memberikan rasa tenang bagi penerima. Bahkan bunga bisa disimbolkan untuk mewakili setiap perasaan seseorang baik suka hingga keadaan duka.

Bunga untuk karangan berduka tentu berbeda dengan bunga buket atau dekorasi pernikahan. Selain karena situasinya berbeda, perasaan penerima juga berbeda. Ketika pernikahan, tentu penerima memiliki suasana hati gembira. Sedangkan ketika berduka suasana hatinya menjadi bersedih. Lalu bunga apa saja yang cocok untuk mengungkapkan belasungkawa?


Lili Putih atau Bakung

Ada banyak sekali cara untuk mengungkapkan perasaan, baik perasaan senang ataupun sedih. Perasaan senang banyak dilambangkan oleh bunga dengan warna cerah seperti merah atau kuning. Sedangkan untuk mewakili perasaan sedih atau belasungkawa biasanya banyak diwakili oleh bunga yang memiliki warna putih.

Bunga lili atau bunga bakung adalah salah satu contoh dari bunga duka cita. Bunga ini memang banyak dipakai untuk karangan bunga ucapan belasungkawa atas musibah orang lain. Apalagi memang bunga ini memiliki bentuk yang sangat identik dengan rasa bersedih karena kelopaknya.
Bagi umat kristiani, bunga lili dianggap sebagai simbol kesucian, keperawanan dan pancaran dalam jiwa. Bahkan menurut pandangan ini, bunga lili adalah bunga yang menutupi makam Perawan Maria. Karena itu di banyak negara barat seperti Eropa dan Amerika sering dipakai untuk pemakaman.

Bunga Anyelir

Bunga duka cita lain yang bisa dipakai adalah bunga anyelir. Bunga mungil ini sebenarnya memiliki banyak warna dan setiap warna memiliki makna masing-masing. misalnya anyelir putih memiliki makna berupa ketulusan, rasa empati, hingga kasih sayang terhadap orang lain maupun orang spesial.
Sedangkan untuk anyelir berwarna merah, biasanya ini dipakai untuk mengungkapkan motivasi kepada penerima. Bunga anyelir merah ini juga yang banyak dipakai oleh umat kristiani sebagai ungkapan belasungkawa. Mereka percaya bahwa bunga ini terbuat dari air mata Perawan Maria sehingga dijadikan sebagai simbol.

Bunga Mawar

Meskipun bunga mawar dikenal sebagai bunga yang melambangkan cinta dan kasih sayang, namun nyatanya buka ini juga bertujuan untuk melambangkan rasa sedih. Bunga mawar memang sudah lama dipakai untuk mengungkapkan perasaan sedih dari seseorang, baik karena musibah atau karena kehilangan.

Bunga mawar yang berwarna putih mungkin melambangkan kesucian hingga simbol spiritualis. Namun bunga mawar yang memiliki warna merah tua melambangkan rasa cinta sekaligus simbol berkabung. Karena itu mungkin Anda sering menjumpai mawar merah muncul di pemakaman seseorang, baik berupa buket atau karangan.

Bahkan di beberapa negara, seperti Amerika, untuk mengenang seseorang yang meninggal biasanya memakai mawar merah. Tentara Amerika misalnya biasanya membawa setangkai mawar untuk menghormati rekan mereka yang gugur dalam tugas dan diletakan di dada mereka, baik meninggal di tempat atau tidak.

Bunga Krisan

Bunga ini memang bisa ditanam di pekarangan rumah atau pot-pot kecil. Krisan bisa tumbuh subur jika Anda memiliki tanah yang cocok. Wangi bunga ini juga sangat unik dan sering dipakai untuk membuat parfum. Bunga ini bahkan juga dipakai untuk membuat minuman dan campuran makanan lain.
Bunga unik satu ini mungkin sedikit berbeda dengan beberapa jenis bunga lain. Di setiap negara biasanya memiliki makna tersendiri terhadap bunga ini. Setiap warna memiliki simbol yang berbeda-beda. Disisi lain, bunga ini juga merupakan bunga yang memiliki banyak makna dari senang hingga sedih.

Di negara China, Jepang dan Korea, krisan dipakai untuk bunga duka cita sebagai bentuk ratapan dan kesedihan. Di Eropa dan Amerika bunga krisan dipakai untuk melambangkan rasa simpati dan bentuk penghormatan. Maka dari bunga ini cocok dipakai untuk memberikan rasa belasungkawa.

Bunga Gladiol

Bagi Anda yang belum mengetahui bunga gladiol, bunga memili karakteristik tinggi dan umumnya memiliki beberapa warna. Bunga ini juga memiliki simbol makna yang beragam tergantung dari warnanya. Maka dari itu pilih warna yang sesuai untuk menyampaikan rasa belasungkawa kepada orang lain.

Di beberapa negara banyak yang memakai bunga gladiol untuk memberikan penghormatan terakhir kepada seseorang setelah meninggal. Bunga duka cita ini juga melambangkan integritas moral. Bahkan bunga ini juga melambangkan rasa tulus dari orang yang meninggal semasa hidupnya kepada orang lain.

Ketika tak mampu mengungkapkan ucapan berkabung, memberikan karangan bunga untuk memberikan motivasi kepada orang yang ditinggal adalah salah satu solusi. Anda bisa memilih beberapa bunga untuk diberikan. Bunga duka cita ini diberikan dengan tujuan menguatkan mereka yang ditinggal pergi.

Leave a Reply