5 Fakta Unik Tentang Diwali Yang Kamu Tidak Ketahui Sebelumnya

Fakta Diwali
Fakta Diwali

 

Diwali yang kerap dikenal sebagai Deepavali atau Dipawali, adalah perayaan yang sangat besar di India untuk merayakan festival cahaya. Sebutan Diwali di ambil dari kata Avali, yang berarti deretan, dan Deepa yang berarti lampu tradisional India. Rakyat India mengadakan Diwali untuk merayakan menangnya kebaikan melawan kejahatan, yang di simbolisasikan dengan cahaya yang mengalahkan kegelapan di dunia ini.

Perayaan Selama Lima Hari Berturut

Diwali adalah perayaan festival terbesar dan yang paling di nanti-nanti di India. Pada umumnya, festival ini diadakan pada hari tahun baru menurut agama Hindu selama 5 hari berturut. Rakyat India yang merayakan Diwali akan pergi bertemu keluarga untuk mempererat hubungan mereka, dan ada arti di balik setiap hari perayaan Diwali tersebut.

Hari pertama adalah perayaan untuk sapi, karena di India sapi merupakan hewan yang suci menurut kepercayaan agama Hindu. Hari tersebut dikenal dengan hari Vasu Daras.
Hari kedua di peruntukkan memperingati kemunculan Dewa Dhanvantai dari lautan. Hari ini disebut juga hari Dhan Teras.

Puncak dari festival Diwali adalah pada hari ketiga, yaitu untuk memperingati kemenangan Dewa Krisna yang telah mengalahkan Narakasura, yakni adalah raksasa yang adalah simbol kejahatan. Pada hari ini yang di namakan hari Naraka Chaturdashi, biasanya di rayakan dengan membuat Rangoli yaitu adalah hiasan yang terbuat dari tepung dan beras warna warni.

Hari keempat, yang juga disebut hari Laksmi Puja, adalah hari untuk memuja Dewa Laksmi dan Dewa Ganesha.
Yang terakhir, yakni hari Bali Pratipada adalah hari untuk memperingati Dewa Krisna yang menyelamatkan rakyat dari banjir dengan mengangkat Bukit Govadhana.

Dewa Rama Kembali ke Ayodhya

oi8iDiwali juga adalah perayaan untuk memperingati kembalinya Dewa Rama ke Ayodhya setelah menaklukkan Ravana, yaitu Raja Iblis. Menurut kepercayaan mereka, pada zaman itu seluruh kota menyalakan lampu tradisional untuk menyambut kembalinya Dewa Rama.

Diwali
Diwali

 

Lampu Tradisional India

Di India, rakyat merayakan Diwali dengan lampu tradisional yang di panggil diya, dan terbuat dari tanah liat. Seluruh kota akan di terangi dengan lampu minyak tradisional ini, dan biasa nya akan dirayakan dengan banyak kembang api juga.

Tidak Hanya India Yang Merayakan

Tidak hanya India, negara-negara lain dengan minoritas Hindu juga merayakannya sebagai festival budaya. Banyak sekali negara lain seperti Singapura, Sri Lanka, Malaysia, Suriname dan lainnya yang menjadikan hari ini sebagai hari libur nasional. Terlebih lagi, kota Leicester yang terletak di Inggris juga terkenal menjadi tuan rumah untuk merayakan Diwali di luar India yang terbesar.

Apa Perbedaannya Dengan Holi?

Holi adalah salah satu hari perayaan terbesar di India, namun ada beberapa perbedaan dari Diwali. Seperti yang kita ketahui, Diwali adalah hari perayaan festival cahaya, sedangkan Holi adalah perayaan festival warna. Rakyat India merayakan hari Holi dengan saling melempar tepung warna warni yang terbuat dari pewarna alami.

Leave a Reply