5 Cara Sukses Melupakan Masa Lalu Burukmu

Setiap orang punya masa lalu & jalan cerita yang berbeda. Ada kenangan indah maupun yang buruk. Untuk masa lalu yang buruk, terkadang manusia cuma punya opsi melupakan atau memaafkan. Melupakan masa lalu yan buruk bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk melupakan masa lalu yang buruk :

  1. Menganalisa Segala Permasalahan

Masa lalu yang sulit dilupakan merupakan permasalahan dalam hidup kita. Ketika kita sulit melupakan masa lalu, hal pertama yang bisa kita lakukan adalah menyendiri terlebih dahulu. Renungkanlah permasalahan yang telah menimpa kita tanpa menghakimi diri kita bahwa kita bersalah. Analisislah segala permasalahan yang muncul. Yakinilah bahwa setiap permasalahan pasti selalu memiliki solusi. Jadi, renungkanlah kesalahan apa atau permasalahan apa yang muncul pada diri Anda, lalu berusaha untuk menemukan jalan keluar dari masalah dan berusaha tidak mengulangi kesalahan yang sama.

  1. Mengambil Hikmah dalam Setiap Masalah

Jangan pernah menyesali permasalahan atau keputusan apapun yang membuat Anda kecewa. Ketahuilah bahwa menyesal adalah perbuatan yang tidak profesional sama sekali. Segala keputusan yang ada dalam hidup kita, kita sendiri yang menentukan. Kita juga tidak mampu mengulang waktu dan mengontrol segala permasalahan agar semua berjalan seperti yang kita mau. Menyesal adalah pemikiran salah. Ketahui dan yakinilah bahwa dalam setiap kejadian pasti akan selalu ada hikmah di dalamnya.

  1. Fokus pada Kehidupan Anda Saat Ini

Terlalu memikirkan masa lalu akan membuat jalan hidup Anda berantakan. Apa yang sedang Anda jalani saat ini harus dilakukan dengan penuh keyakinan. Terkadang, mengingat masa lalu yang buruk membuat kita ingin segera menuju ke masa depan, berharap masa depan bisa memberikan harapan yang lebih indah. Namun, terlalu fokus pada masa depan juga tidak baik. Mengharapkan perubahan yang terlalu cepat merupakan hal sulit. Setiap perubahan pasti membutuhkan waktu. Bersabarlah dan senantiasa berpikir positif, karena berpikir positif akan menuntun Anda untuk melakukan hal-hal positif pula.

  1. Positive Thinking

Berpikir positif akan membuat Anda senantiasa berprasangka baik terhadap segala hal buruk yang terjadi dalam hidup Anda. Yakinilah bahwa segala sesuatu yang telah terjadi merupakan skenario terbaik yang diberikan oleh Tuhan. Mungkin dengan permasalahan tersebut Anda juga bisa mengambil hikmah dan menjadikannya pembelajaran. Dengan selalu berpikir positif, masa lalu yang buruk bukan lagi menjadi penghalang masa depan yang lebih baik. Selain itu, dengan berpikir positif, kelak segala permasalahan yang mungkin muncul dalam hidup kita, seberat apapun permasalahan itu, pasti kita akan mampu menangani dan mengahadapinya.

  1. Cari Teman Bicara

Jika Anda merasa bahwa Anda tidak sanggup menanggung beban masalah seorang diri, maka carilah teman bicara. Carilah teman bicara yang memang Anda percaya mampu menjaga rahasia dan juga Anda yakini bahwa ia mampu memberikan solusi atas permasalahan yang Anda hadapi, bukan seseorang yang menghakimi segala permasalahan secara subyektif. Beban berat yang mungkin selama ini Anda tanggung sendiri akan terasa lebih ringan dengan menceritakan masa lalu kita pada orang lain. Selain itu, hati akan terasa lebih tenang karenanya.

Leave a Reply