Bunga papan lazim digunakan untuk menunjukkan rasa simpati atau dukungan terhadap keluarga, kolega atau kerabat atas terjadinya sebuah peristiwa khusus. Hal ini bisa berupa sesuatu yang membahagiakan ataupun peristiwa dukacita yang mendalam. Jenis bunga yang dipakai, ukuran dan bentuknya sangat bervariasi, disesuaikan dengan tema acara dan tentu saja, budget.

Umumnya, masyarakat lebih suka memesan bunga papan ini ke toko bunga, dengan alasan lebih praktis dan cepat. Mereka hanya perlu datang, pesan dan menunggu sampai rangkaian bunga papan siap. Rata-rata, toko bunga juga menyediakan fasilitas delivery sampai ke tempat acara. Di kota-kota besar, bahkan sudah banyak toko bunga yang melayani pemesanan online.

Namun, jika Anda ingin membuatnya sendiri di rumah, sebenarnya juga tak terlalu sulit. Anda bisa mempergunakan panduan berikut.

1. Buat Konsep atau Tema

Pilihlah konsep tentang rangkaian bunga papan ini, lalu gambarkan dengan detail warna, bentuk, font huruf dan ukurannya. Hal ini untuk memudahkan proses pembuatan.

2. Sediakan bahan-bahan berikut:

a. Bunga dan daun segar, sesuaikan warnanya dengan konsep yang telah dibuat.

Rangkaian bunga papan berisi ucapan selamat tentunya memiliki komposisi warna yang berbeda dengan bunga papan untuk acara dukacita. Bunga papan bertema sukacita biasanya didominasi warna-warni yang ceria seperti merah, kuning, atau pink. Sedangkan bunga papan berisi ucapan dukacita umumnya lebih suram, dengan pemilihan warna putih, ungu, biru, kuning atau hitam.

b. Kayu atau bambu, sebagai kaki-kaki papan dan membuat rangka papan untuk menempelkan styrofoam.

c. Styrofoam, sebagai media untuk menancapkan bunga dan daun segarnya.

d. Cat untuk mewarnai atau kain untuk melapisi styrofoam.

e. Jarum pentul atau paku untuk menempelkan bunga dan daun.

f. Gergaji untuk memotong kayu atau bambu.

g. Kawat untuk mengikat kayu atau bambu.

h. Gunting dan cutter untuk memotong bunga, daun dan styrofoam (jika diperlukan).

i. Pensil dan benang untuk membuat pola tulisan.

3. Langkah-Langkah Pembuatan:

a. Ambil kayu atau bambu, potong sesuai ukuran yang telah ditentukan dalam konsep. Setelah itu, bentuk menjadi persegi panjang dan ikat keempat ujungnya dengan menggunakan kawat. Pastikan ikatan tersebut benar-benar kuat, untuk menghindari kerusakan.

b. Siapkan styrofoam, bentuk persegi panjang sesuai dengan ukuran bambu atau kayu yang telah dibentuk pada langkah pertama. Setelah itu, pasangkan dengan hati-hati menggunakan kawat.

c. Lapisi styrofoam dengan cat, sesuaikan warna-warninya mengikuti konsep dan tema rangkaian. Jemur di bawah sinar matahari hingga kering. Atau jika ingin menggunakan kain, pasanglah menutupi styrofoam.

d. Hiasi bagian pinggir styrofoam dengan ornamen-ornamen unik. Anda dapat membuatnya dari potongan styrofoam yang dibentuk, lalu diwarnai dan ditempel di sekeliling styrofoam hingga membentuk bingkai yang indah.

e. Buat pola tulisan menggunakan pensil dan benang. Setelah itu, susunlah bunga dan daun dengan hati-hati agar tulisan yang dihasilkan benar-benar rapi dan warnanya sesuai. Anda bisa memakai jarum pentul atau paku untuk menancapkannya ke permukaan styrofoam.

f. Jika papan styrofoam sudah terisi dengan bunga dan daun segar, maka sekarang saatnya membuat kaki-kaki untuk meletakkannya. Ambil bambu atau kayu yang sudah disiapkan tadi, lalu potong dan bentuklah menyerupai piramid dengan mengikatnya menggunakan kawat.

g. Rangkaian bunga papan yang cantik sudah siap untuk dipergunakan dalam acara khusus sesuai kebutuhan Anda.

Demikian tips dan cara membuat rangakaian bunga papan kreasi sendiri. Tidak terlalu sulit, bukan? Untuk menciptakan bunga papan yang indah dan cantik, memang diperlukan kreativitas, latihan, dan ketelatenan. Selamat mencoba!

Jika Anda membutuhkan, hubungi Toko Bunga Papan FlowerAdvisor. Kami melayani pengiriman 24 jam.

Share:

Aditya Wisnu

Pria Suka Menulis, Jago memberikan ide rekomendasi hadiah, namun bukan pria romantis di kehidupan aslinya..

Leave a Reply

× Diskon 10% Untuk Kado Special