7 Tradisi Pernikahan Unik di Dunia

karangan bunga pernikahan
Sumber : wp.onethreeonefour.com

Pernikahan merupakan hal yang sakral bagi setiap orang yang melewati proses ini. Setiap manusia di dunia ini dipersatukan dengan proses pernikahan, yang sesuai dengan kepercayaan dan tradisi masing-masing. Tradisi pernikahan di setiap negara pun berbeda-beda. Lalu, seperti apa sih tradisi pernikahan unik di dunia? Simak artikel di bawah ini!

  1. Skotlandia

Tradisi di negara ini cukup dibilang menjijikkan. Pasangan pengantin tersebut diharuskan untuk dilumuri dengan cairan atau apapun yang terlihat menjijikkan. Setelah itu, mereka “diarak” keliling kota untuk ditunjukkan kepada seluruh orang yang tinggal di tempat tersebut. Percaya atau tidak, katanya dengan dipermalukan seperti ini, maka pasangan tersebut dapat mengatasi segala permasalahan yang akan mereka hadapi.

  1. Korea Selatan

Tradisi di negara ini memang cukup aneh, terutama bagi pengantin pria. Setelah resepsi pernikahan usai, para teman-teman dari pengantin pria diharuskan untuk mengikat kaki si pengantin pria tersebut dan memukul dengan keras telapak kakinya. Dengan melakukan tradisi ini, dipercaya bahwa si pengantin pria akan lebih merasa tangguh dalam menjalankan malam pertamanya.

  1. Tiongkok

Di negara Tiongkok, tradisi pernikahan mereka memang beragam. Tetapi ada satu tradisi unik. Di Tujia, sebulan sebelum hari H pernikahan, pengantin wanita wajib untuk menangis selama kurang lebih satu jam setiap hari. Setelah itu, sepuluh hari kemudian, ibu dari sang pengantin wanita bergantian untuk menangis. Lalu, sang nenek juga harus ikut menangis sepuluh hari setelah sang ibu tersebut. Dan pada akhir bulan, seluruh kaum wanita dalam keluarga tersebut harus menangis secara bersamaan atau sekaligus. Tradisi ini dipercaya sebagai ekspresi kebahagiaan dengan tangisan bahagia. Mengapa? Karena semua wanita menangis dengan nada yang berbeda-beda.

  1. India

Resepsi pernikahan di negara ini pun tidak kalah uniknya. Di beberapa tempat di India, sang pengantin pria diharuskan untuk mencopot sepatunya sebelum mencapai altar pernikahan. Setelah itu, semua anggota keluarga dari pengantin wanita akan mencoba untuk mencuri sepatu tersebut. Sedangkan sebaliknya, keluarga dari si pengantin pria tersebut akan mencoba untuk menjaganya agar tidak diambil. Jika sepatu tersebut berhasil direbut, maka keluarga dari si pengantin wanita berhak untuk meminta imbalan demi mengembalikan sepatu milik pengantin pria. Sungguh unik, ya!

  1. Yunani

Di beberapa negara, para tamu undangan di suatu pernikahan biasanya memberi alat-alat makan seperti piring sebagai hadiah pernikahan mereka. Di negara Yunani pun konon memiliki hal yang serupa namun agak sedikit berbeda. Apa yang membuatnya berbeda? Di Yunani, piring-piring tersebut justru dipecahkan dengan cara dilempar, diinjak ataupun dibanting. Dengan melakukan hal ini dipercaya akan mengusir roh jahat dalam pernikahan mereka akibat dari suara keras piring yang telah dilemparkan tersebut.

  1. Malaysia

Di Malaysia, tradisi pernikahan mereka cukup terbilang “aneh”. Setelah resepsi pernikahan berakhir, pasangan baru tersebut diuji kesabarannya dengan cara dilarang untuk menggunakan kamar mandi selama 3 hari lamanya. Lalu, pihak keluarga dari pasangan tersebut juga wajib untuk memantau dan memastikan agar hal tersebut dilakukan. Dengan melakukan hal ini, dipercaya akan membawa keberuntungan dan pernikahan yang berkepanjangan serta keluarga yang sehat selalu.

  1. Perancis

Di Perancis, setelah resepsi pernikahan usai, para tamu undangan mengumpulkan sisa-sisa makanan, minuman, atau apapun yang dianggap dapat dimakan. Setelah itu, campuran tersebut dimasukkan ke dalam sebuah tempat makan replika yang berbentuk toilet dan diserahkan kepada pasangan tersebut untuk dimakan. Dan perlu diingat bahwa pasangan tersebut dilarang pergi sebelum menghabiskan campuran tersebut. Karena hal ini dipercaya dapat memberikan “tenaga” bagi kedua pasangan tersebut.

 

 

Leave a Reply