5 Tips Menjadi Pendengar Yang Baik Bagi Pasangan

tips menjadi pendengar yang baik
sumber : onethreeonefour.com

Dalam menjalani sebuah hubungan, sangat penting bagi setiap pasangan untuk saling mengerti dan mendengarkan. Karena jika tidak dilakukan, maka pasangan seringkali bertengkar dan akibatnya akan menimbulkan salah paham. Lalu, bagaimana menjadi pendengar yang baik bagi pasangan Anda? Simak tips-tipsnya berikut ini!

  1. Fokus

Belajarlah untuk fokus ketika ia sedang berbicara. Lakukan kontak mata dengannya dan berusahalah untuk terus fokus ketika ia sedang berbicara. Singkirkan hal-hal yang akan mengganggu pembicaraan kalian, misalnya seperti handphone yang berbunyi terus-menerus.

  1. Empati

Bersikap empati itu penting ketika mendengarkan pasangan Anda berbicara. Artinya, dengan berempati, maka Anda sedang menempatkan posisi Anda di dirinya. Selain itu, dengan berempati juga berarti bahwa Anda sedang memberi perhatian penuh kepada pasangan Anda.

  1. Merespon Pembicaraan

Selain mendengarkan, Anda juga perlu untuk merespon pembicaraannya. Cobalah untuk memahaminya dan memberikan pertanyaan kepadanya sebagai bentuk feedback dari apa yang ia bicarakan. Dari hal ini, ia akan merasa bahwa Anda sedang mendengarkannya.

  1. Ingat akan pembicaraannya

Berusahalah untuk tetap mengingat apa saja yang telah ia bicarakan sebelumnya. Dengan begini, maka Anda tidak akan merasa salah ketika ingin mengatakan sesuatu padanya. Selain itu, akan membuat ia bahagia juga karena Anda dianggap sebagai pendengar yang baik baginya.

  1. Jangan memotong pembicaraan

Hal yang satu ini sangat penting untuk dilakukan. Tetaplah bersikap sabar untuk mendengar semua hal yang ingin ia bicarakan. Dengarlah sampai ia berhenti berbicara. Janganlah memotong pada saat ia berbicara karena hal tersebut dapat menunjukkan bahwa Anda selalu menghargai setiap kata-katanya.

Sumber : http://www.fanind.com/4-cara-menjadi-pendengar-yang-baik.html

 

 

 

Leave a Reply