5 Kreasi Cara Merawat Bunga Agar Tahan Lama

Setiap orang pasti menyukai bunga, terutama pada kaum wanita. Bunga memiliki banyak ragam dan aneka jenis, dan setiap bunga memiliki keunikan dan ciri khasnya masing-masing. Bunga juga merupakan simbol ungkapan rasa kasih dan cinta kita kepada orang-orang tersayang dan sering diberikan sebagai hadiah untuk wanita. Bunga memiliki berbagai macam bentuk, mulai dari bunga buatan/artificial, bunga kertas, sampai bunga asli. Tentunya memberikan bunga asli akan lebih menyenangkan. Namun sayangnya, bunga asli biasanya tidak bertahan lama. Tetapi jangan khawatir!  Ada beberapa cara kreatif untuk mengatasi bunga supaya bisa bertahan lebih lama. Bagaimana caranya? Simak di bawah ini:

1. Membuat hiasan dinding

hiasan dinding
sumber http://www.hipwee.com

 

Bunga tidak selalu harus dipajang di dalam vas bunga. Biasanya bunga-bunga tersebut tidak akan bertahan lama dan segera layu, lalu berakhir di tempat sampah. Ada cara lain untuk mengatasinya. Cobalah merentangkan tangkai bunga di dinding rumah Anda dan menempelkannya dengan selotip transparan. Pastikan setiap tangkai tertata secara berbaris seperti tirai ya. Pasti Anda akan betah di rumah karena dinding rumahmu sudah terlihat cantik dan asri sekarang.

2. Simpan dalam bak silika gel

silica flower gel
sumber http://www.hipwee.com

 

Ada cara lain untuk mengawetkan bunga agar bertahan lebih lama. Pertama, masukkan silica gel pada wadah besar. Lalu masukkan bunga dan timbun secara merata agar silica gel bisa masuk ke dalam sela-sela permukaan bunga. Lakukanlah dengan perlahan.Pilihlah silica gel yang bersifat halus. Kemudian tutup rapat dan simpan.Jika kamu masih tetap ingin memajangnya di vas bunga, cukup simpan selama 3-5 hari. Setelah itu tatalah bunga keringmu di dalam vas bunga. Mudah, bukan?

3. Mempercantik gadget dengan kelopak bunga

diy phone case
Sumber http://www.hipwee.com

 

Merasa bosan dengan tampilan case gadgetmu yang begitu-begitu saja? Kini, kamu bisa mengkreasikannya sendiri! Pertama-tama, siapkanlah sebuah soft case berwarna polos. Lalu tempelkan potongan bunga kecil di belakang soft case yang datar dengan menggunakan lem. Setelah itu, buatlah adonan resin dan katalis berbanding 1:1. Aduk secara merata. Kemudian gunakan stick es krim untuk melapisi permukaan bunga dengan resin. Jangan lupa bersihkan bagian pinggir dengan cotton bud. Diamkan selama beberapa jam, maka gadget barumu kini terlihat mewah.

4. Mempercantik bingkai foto

bingkai foto
Sumber http://www.hipwee.com

 

Bagi kamu yang senang mengoleksi foto-foto atau ingin mempercantik rumahmu, bingkai foto bisa menjadi pilihan yang tepat. Tetapi kalau kamu menginginkan suatu hiasan yang unik dan berbeda dari hiasan-hiasan lainnya yang dijual di toko-toko, maka kamu bisa menghias bingkai foto kamu sendiri. Bagaimana caranya?

Ambilah beberapa bagian buket bunga yang masih cantik namun sudah layu, lalu tindih bunga-bunga tersebut di dalam buku tebal agar terlihat pipih dan mudah diaplikasikan pada bingkai. Lalu kreasikan sesuai kreasi dan keinginanmu, baik di dalam bingkai maupun di luar bingkai foto. Tetapi sebaiknya gunakanlah beberapa variasi warna bunga dan daun agar terlihat lebih artistik.

5. Kartu ucapan unik dari bunga

kartu bunga
Sumber https://id.pinterest.com

 

Selain untuk bingkai foto, biasanya bunga kering yang dipipihkan juga bisa digunakan sebagai kartu ucapan. Membuat hiasan bunga pada kartu ucapan ini juga tidak sulit. Kamu hanya perlu mengkreasikan bunganya sesukamu dan tempelkanlah pada kartu ucapannya. Gunakanlah variasi warna bunga yang berbeda-beda agar terlihat lebih cantik dan menarik. Pasti akan terlihat unik dan cantik ketika kamu mengirimkan buket bunga disertai kartu ucapan dengan hiasan bunga kering.

Inilah beberapa kreasi membuat bunga agar menjadi lebih tahan lama. Bagi kamu para pecinta bunga, tentunya ide-ide menarik ini bisa dicoba sendiri.

Sumber:

http://www.hipwee.com/tips/daripada-kado-bunga-untukmu-layu-begitu-saja-6-kreasi-ini-bisa-menjaganya-tetap-indah-dan-tahan-lama/
https://www.asmaraku.com/blogs/baca/cara-memanfaatkan-rangkaian-bunga-yang-sudah-layu